Beranda Berita

100 Tahun ke Depan, Robot Diprediksi Menjajah Manusia

4
0

Dewasa ini ramai dibicarakan tentang pengembangan kecerdasan buatan yang disebut Artificial Intelligent yang ditanamkan ke perangkat komputer dengan rupa beragam yang kemudian disebut dengan robot pintar. Di satu sisi ini merupakan perkembangan menjanjikan masa depan, tapi di sisi lain juga menyimpan ancaman.

Setidaknya itulah yang diyakini oleh  Stephen Hawking, ahli fisika ternama dunia yang mempunyai kecerdasan di atas rata-rata. Ia memprediksi, robot AI akan menyalip kecerdasan dan visi manusia dalam hitungan 100 tahun dari sekarang. Ketika itu terjadi, Hawking mengingatkan manusia agar memastikan robot mempunyai tujuan yang selaras dengan manusia.

hawking-640x423

Sebagai gambaran konsekuensi buruk bila robot AI menjajah manusia dapat dilihat dari beberapa film fiksi ilmiah, seperti Stanley Kubrick’s 2001: A Space Odyssey, Terminator, dan film terbaru Avengers: Age of Ultron.

Pemikiran Hawking sebenarnya bukan yang pertama diutarakan. Tahun lalu ia juga menyampaikan opini serupa yang memprediksi kepunahan manusia akibat keberadaan robot AI. Dan ia bukan satu-satunya ahli yang berpandangan demikan.

Dua orang ahli lain yang juga dekat dengan industri teknologi, Elon Musk dan Bill Gates pun mempunyai pemikiran serupa. Elon Musk merasa komputer AI dapat merealisasikan ketakutan tokoh utama di film Terminator dimana robot bersekongkol untuk memusnahkan ras manusia. Sementara Bill Gates mengingatkan, ketika komputer sudah semakin kuat dan pintar, apalagi dalam bentuk robot. Maka manusia patut waspada.

Bagaimana pendapat, Gadgeteers?

via Techworld.com

Topik Hot Lainnya:   Berniaga dan OLX Melebur Jadi Satu, Bagaimana Nasib Pengguna?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × five =