Beranda Aplikasi

20 Aplikasi Editor Video untuk PC dan Android

15
0

Membuat rekaman video di era ini sudah menjadi hal yang biasa, sebab video telah menjadi media yang dapat menghasilkan uang. Selain itu video sangat bermanfaat di berbagai bidang, salah satunya dalam bidang pendidikan yaitu digunakan untuk media pembelajaran. Namun agar video lebih menarik maka harus dilakukan pengeditan.

Banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk mengedit video Gadgeteers agar menjadi lebih menarik untuk dilihat serta informasi yang ada dalam video dapat tersampaikan dengan baik. Berikut ini adalah beberapa aplikasi editor video yang bisa dicoba, untuk Android dan PC:

Lightworks

Apakah Gadgeteers editor video pemula ? jangan kuatir meskipun Gadgeteers adalah editor pemula, namun Gadgeteers dapat menjadi editor video profesional dengan menggunakan aplikasi Lightworks. Aplikasi Lightworks mempunyai banyak fitur yang dapat digunakan untuk mengedit video dengan berbagai dukungan resolusi seperti HD, PAL, dan NTSC.

Yang membuat semakin menarik dalam menggunakan aplikasi Lightworks dapat digunakan secara offline atau tanpa jaringan internet. Jadi dalam mengedit video dapat dilakukan dimana saja meskipun di tempat terpencil yang tidak ada  jaringan sekalipun.

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi Lightworks diantaranya adalah telah dilakukan pengujian oleh editor profesional dalam penggunaan interface sehingga sangat mendukung dalam mengedit video secara profesional, dan juga mempunyai resolusi yang independen serta tersedia dalam berbagai platform, hanya saja efek suara atau audio masih minim.

Untuk download aplikasi edit video Lightworks  langsung saja klik alamat ini:

VSDC

Apakah Gadgeteers bingung menentukan aplikasi mana yang akan Gadgeteers gunakan untuk mengedit video ? aplikasi VSDC adalah solusinya. Dengan menggunakan aplikasi VSDC Gadgeteers tidak perlu risau tentang watermark, karena aplikasi ini dapat digunakan mengedit video tanpa watermark. Selain itu menginstal aplikasi VSDC di laptop atau komputer Gadgeteers adalah suatu perkara yang mudah dan gratis.

Selain itu aplikasi VSDC mempunyai kelebihan diantaranya adalah ketika melakukan pengeditan video dapat dilakukan dengan cara non-linier, dan tersedia katalog efek visual.

Untuk download aplikasi editor video VSDC langsung saja klik link ini.

VideoPad Video Editor

Gadgeteers hobi membuat dan mengedit video ? aplikasi VideoPad sangat cocok untuk Gadgeteers, karena penggunaanya akan mudah dan dapat  digunakan pada system operasi windows manapun salah satunya Android serta untuk menginstal aplikasi ini juga sangat mudah. Sehingga dalam mengedit video dengan aplikasi ini, dapat Gadgeteers lakukan dengan menggunakan smartphone ataupun laptop.

Fitur-fitur yang ada pada aplikasi VideoPad diantaranya adalah drag dan drop, cutting video dan juga fitur untuk menambah efek atau transisi. Selain itu tersedia dalam bentuk format video diantaranya 3GP, MKV, FLP dan MP4 dan juga tersedia 50 efek transisi, Sehingga video Gadgeteers akan jauh lebih menarik untuk dinikmati atau ditonton.

Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi VideoPad diantaranya adalah dapat dimanfaatkan untuk mengedit lagu atau suara, kualitas gambar tetap bagus dan tidak berkurang, dan dapat menyimpan hasil editan dengan cepat, namun tidak dapat digunakan untuk mengedit gambar dan sifatnya adalah prabayar atau tidak gratis.

CineFX Jashaka

Apakah sistem operasi pada komputer atau laptop Gadgeteers menggunakan Linux ? apakah Gadgeteers akan melakukan editing pada video yang telah Gadgeteers buat ? CineFX Jashaka adalah pilihan yang tepat, karena aplikasi editor video CineFX Jashaka dapat digunakan di PC dengan sistem Linux, Windows XP, Vista baik 7 ataupun 8.

Proses pengeditan video, Gadgeteers dapat mengedit video resolusi SD, HD, VD, bahkan dalam bentuk film 3D. Selain itu, kelebihan dari aplikasi CineFX Jashaka adalah video dapat dibuat dengan bermacam-macam format diantaranya MOV, AVI. MPEG, MP3, WAV dan OGG.

Jika Gadgeteers tertarik dengan aplikasi CineFX Jashaka, download aplikasi edit video CineFX Jashaka langsung saja klik alamat ini: https://www.jahshaka.com/download/

Kate’s Video Toolkit

Aplikasi Kate’s Video Toolkit merupakan aplikasi yang dapat digunakan di PC dengan sistem Windows 98, XP, dan vista. Aplikasi Kate’s Video Toolkit mempunyai kelebihan yaitu dalam hal format video. Format video pada aplikasi Kate’s Video Toolkit diantaranya adalah AVI, WMV, MOV, DIVX, ASF, 3GP, MP4, MPEG1, MPEG2, VCD-PAL, VCD-NTSC, SVCD-PAL, SVCD-NTSC, DVD-PAL, DVD-NTSC dan lain sebagainya.

Topik Hot Lainnya:   Instagram Hadirkan Update yang Menyajikan Lebih Banyak Video

Cara download aplikasi Kate’s Video Toolkit sangat mudah, download aplikasi Kate’s Video Toolkit langsung saja klik alamat ini: Cnet.

HitFilm Express

HitFilm Express adalah salah satu dari banyak aplikasi edit video yang dapat di download dan diinstal secara gratis selain itu tersedia berbagai macam efek, namun jika ingin mendapatkan efek yang lebih atau tidak standar maka Gadgeteers harus membelinya.

Fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi semua dapat digunakan untuk membantu melengkapi video, sehingga video lebih bagus, keren dan tentunya sangat berkualitas. HitFilm Express dapat diaplikasikan pada Mac dan juga Avail pada Windows.

Pinnacle Studio

Gadgeteers editor pemula ? atau sedang belajar untuk mengedit video ?  mungkin aplikasi ini kurang cocok untuk Gadgeteers karena mengoperasikan aplikasi Pinnacle Studio cenderung sulit dan tidak mudah meskipun dilengkapi dengan fitur-fitur editing dasar.

Dalam mengoperasikan aplikasi Pinnacle Studio lebih baik jika Gadgeteers menggunakan prosesor multicore dan juga sangat baik jika di install pada Windows Vista dan XP.

Beberapa kelebihan dari aplikasi ini diantaranya adalah dapat digunakan sebagai editing video dengan bentuk format miniDV, DVD, AVI dan juga dapat di share dalam bentuk CD, DVD, HDDVD, Blu-Ray dan lain sebagainya. Kelebihan yang lain dari aplikasi ini adalah suara atau audio yang dihasilkan sangat bagus.

Camtasia

Aplikasi editor video selanjutnya adalah Camtasia. Camtasia sangat cocok jika dioperasikan menggunakan Windows maupun Mac. Karena Camtasia mempunyai fitur yang cukup lengkap dan juga Gadgeteers dapat menambah puluhan layar baik audio maupun tulisan sehingga cocok untuk Gadgeteers editor pemula maupun editor yang sudah profesional.

Kelebihan dari aplikasi Camtasia diantaranya adalah ukuran software sangat ringan namun mewah sehingga sangat menarik ketika menggunakannya, selain itu video yang sudah selesai di edit langsung dapat diupload ke Youtube, Google Drive, Vimeo dan lain sebagainya.

Avidemux

Aplikasi gratis selanjutnya adalah Avidemux, selain gratis aplikasi satu ini juga sangat praktis dan mudah dalam mengoperasikannya. Aplikasi Avidemux dapat digunakan untuk memotong video, menambah filter dan slow motion video, dan lain sebagainya. Format yang mendukung aplikasi ini diantaranya adalah AVI, DVD, MP4, ASF dan lain sebagainya, namun interface kurang intuitif dan juga terkadang terjadi crash.

Cara download aplikasi Avidemux sangat mudah, jika Gadgeteers ingin download aplikasi Avidemux langsung saja klik alamat ini: https://download.id/avidemux.html

Windows Movie Maker (WMM)

Jika Gadgeteers adalah editor pemula maka aplikasi Windows Movie Maker atau WMM adalah aplikasi yang cocok untuk Gadgeteers. Karena fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi Windows Movie Maker masih sangat dasar dan sederhana. Windows Movie Maker akan terinstal secara otomatis jika Gadgeteers menggunakan Windows XP.

Format file yang terdapat pada Windows Movie Maker sangat beragam diantaranya ASF, AVI, MLV, MP2, MPE, MPEG, MPG, MPV2, WM dan WMV. Dengan menggunakan aplikasi Windows Movie Maker, Gadgeteers dapat mengatur klip-klip yang Gadgeteers kehendaki, dan juga dapat memberikan efek fade pada setiap klip serta dapat menangkap gambar yang ada pada video klip, namun sering sekali terjadi not responding.

AVS Video Editor

Aplikasi AVS Video Editor bisa digunakan untuk mengedit video melalui PC dengan kapasitas yang berat. Salah satu kelebihan dari aplikasi ini yaitu adanya video cache yang akan membuat penggunanya bisa melakukan editing video dengan mudah dan hasilnya beresolusi Full-HD. Enaknya lagi mengedit videonya bisa dengan cepat dan mudah tanpa hambatan.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur lain yang bisa digunakan untuk menyematkan teks dan audio hingga memisahkan dan memotong video. APlikasi AVS Editor juga menyediakan 300 efek beserta transisi yang akan membuat Gadgeteers bisa melakukan editing dengan hasil yang lebih menarik dan kreatif.

Untuk mengunduh aplikasi ini, Gadgeteers bisa langsung menuju ke web resminya.

Sony Vegas Pro 13

Aplikasi Sony Vegas pro 13 akan membantu Gadgeteers mengedit video dengan hasil yang bagus dan cara yang mudah. Aplikasi yang dikembangkan Jepang ini bisa dibilang merupakan software yang digunakan untuk mengedit foto untuk taraf profesional.

Aplikasi ini juga memiliki banyak fitur yang akan memudahkan Gadgeteers untuk melakukan editing video. Melakukan editing video melalui aplikasi ini juga sangat mudah, Gadgeteers cukup mendrag video yang ingin diedit lalu kemudian aplikasi ini akan membagi video dalam dua kolom yaitu video dan suara dan selanjutnya Gadgeteers bisa mengedit video sesuai dengan keinginan.

Topik Hot Lainnya:   Sekarang, Kolom Komentar Facebook Juga Bisa Tampilkan Video

VirtualDub

Bagi Gadgeteers yang ingin menggunakan aplikasi VirtualDub harus menggunakan PC yang sistem operasinya Windows. Aplikasi ini juga bisa digunakan dengan sangat mudah untuk mengedit video, Dilengkapi dengan fitur yang canggih, aplikasi ini digunakan untuk mengedit hingga menghapus audio dengan sangat mudah. Selain itu, VirtualDub juga telah dilengkapi dengan fitur yang bisa digunakan untuk merekam video.

Untuk mengunduh aplikasi ini, Gadgeteers bisa langsung menuju ke alamat http://virtualdub.org/

Adobe Premier Pro

Tidak hanya bisa digunakan untuk mengedit foto saja, aplikasi Adobe Premier Pro juga bisa digunakan untuk mengedit video melalui PV. Aplikasi ini memiliki banyak fitur bagus yang bisa digunakan untuk menunjang kegiatan Gadgeteers pada saat sedang mengedit video.

Hasil editing menggunakan software ini pun bisa dibilang sangat bagus dan biasanya juga banyak digunakan oleh kalangan professional.

Vquick

Aplikasi Vquick bisa dibilang merupakan aplikasi pendatang baru di dunia pengeditan video mobile. Aplikasi ini juga sangat cocok digunakan bagi Gadgeteers yang sangat suka vlogging, citizen journalism dan lain-lain. Aplikasi ini juga memiliki fitur self destruct yang akan membuat Gadgeteers lebih mudah menghapus video setelah orang lain selesai melihatnya.

Kelebihan dari aplikasi ini diantaranya yaitu sangat cocok untuk mengedit vertical video, terdapat banyak filter hingga sticker dan sangat ringan serta mudah pada saat digunakan. Sayangnya, aplikasi ini masih banyak bug dan crashnya.

Untuk mengunduh aplikasi ini, Gadgeteers bisa langsung menuju ke Play Store.

Magisto

Aplikasi Magisto merupakan aplikasi editing video berbasis Android pertama yang bisa digunakan secara profesional. Aplikasi juga bisa digunakan dengan mudah, yaitu Gadgeteers bisa memilih gambar atau video yang akan diedit, lalu kemudian pilih musik yang bagus dan jangan lupa untuk menambahkan judul.

Aplikasi ini sangat cocok digunakan bagi Gadgeteers para pecinta sosial media yang tidak punya banyak waktu untuk mengedit. Kelebihan dari aplikasi ini diantara yaitu Gadgeteers bisa menghemat memori ponsel karena aplikasi ini berbasis cloud dan memiliki tampilan seperti software professional. Namun sayang, Gadgeteers membutuhkan kuota dan kecepatan internet yang baik saat menggunakan aplikasi ini.

Untuk mengunduh aplikasi ini, Gadgeteers bisa langsung menuju ke web: https://www.magisto.com/

AndroVid

Aplikasi AndroVid merupakan aplikasi untuk mengedit video versi android yang memiliki tampilan sederhana tetapi sangat mudah untuk digunakan. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengubah video dalam format GIF, menjadi efek video mundur. Tetapi user interfacenya bukan merupakan preferensi untuk berbagai kalangan.

YouCut

Aplikasi ini merupakan aplikasi editing video terbaik yang sudah dilengkapi dengan adanya fitur kompresi yang berkualitas tinggi sehingga Gadgeteers bisa menghemat memori hingga 90%.

Menggunakan aplikasi YouCut, Gadgeteers bisa melakukan editing video dalam berbagai format seperti avi, mp4, 3gp, dan lain sebagainya. Sayangnya, aplikasi ini tidak direkomendasikan bagi Gadgeteers kalangan professional.

Untuk mengunduh aplikasi ini, Gadgeteers bisa langsung menuju ke Play Store:

VidTrim

Aplikasi ini termasuk aplikasi yang sangat direkomendasikan untuk Gadgeteers yang hanya butuh mengedit video secara simple dan sederhana saja, seperti memotong dan menempel video. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi edit video Android lainnya, aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan filter efek, transisi dan penambahan music yang bisa membuat hasil editing video Gadgeteers jadi tambah bagus.

Untuk mengunduh aplikasi ini, Gadgeteers bisa langsung menuju ke Google Play Store.

PowerDirector Video Editor

Aplikasi video editor ini merupakan aplikasi editing video secara profesional yang bisa digunakan secara mobile. User interfacenya juga cukup umum dan sudah dilengkapi dengan adanya konsep timeline. Gadgeteers juga bisa menambahkan video, efek, stiker hingga dua timeline audio dalam satu waktu.

Aplikasi ini juga sangat direkomendasikan bagi Gadgeteers yang gemar ngevlog. Tampilannya juga seperti software editing video yang banyak digunakan melalui PC atau laptop. Kemampuan editing video ini sudah sampai format 4K dan dilengkapi dengan berbagai fitur yang cocok untuk kalangan professional. Namun kekurangan aplikasi ini adalah di bagian watermarknya yang hanya bisa dihilangkan dengan opsi berbayar.

Itu dia 20 aplikasi video editor terbaik untuk Android dan PC yang bisa Gadgeteers jajal pergunakan. Semoga bisa jadi referensi yang sangat lengkap untuk Gadgeteers.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × 5 =