Beranda Berita

22 Situs Web Musik Ilegal Resmi Ditutup Oleh Kominfo, Ini Daftarnya

4
0

Kementrian Komunikasi dan Informasi memutuskan untuk menutup 22 situs yang melanggar hak cipta khususnya musik. Keputusan tersebut diambil karena kasus pembajakan masih menjadi masalah serius di Indonesia yang menyebabkan kerugian untuk banyak pihak, mereka adalah orang yang membuat karya tersebut.

Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI) mengatakan bahwa ke-22 situs tersebut rata-rata setiap bulannya dapat mencapai 430.000 pengunjung. Bisa dibayangkan saja bila satu orang pengunjung mengunduh satu lagu yang ternyata harga satu lagu tersebut berlabel Rp7000, maka kerugian yang timbul setiap bulannya adalah Rp66 miliar. Itu artinya negara kehilangan pendapatan pajak sedikitnya Rp6,6 miliar setiap bulannya.

1509399guvera780x390
guvera.com

Saat acara konferensi press pemblokiran situs musik ilegal di kantor pusat Kominfo, Jakarta. Sejumlah musisi tanah air seperti Giring Nidji, Gita Gutawa, dan Irfan Samsons turut hadir, selain mereka ada juga musisi dari luar negeri seperti Arkarna dan Joshua jebolan American Idol.

“Ini (penutupan akses terhadap situs web yang melanggar hak cipta atas karya musik) merupakan sebuah peristiwa bersejarah setelah sebelumnya kami menutup akses situs yang melanggar hak cipta atas karya film. Sebetulnya harga satu lagu itu murah, kok masih ada aja orang yang unduh lagu ilegal,” ujar Bambang Heru Tjahjono, Dirjen Aplikasi dan Informatika (Aptika) Kominfo sebagaimana dilansir oleh Liputan6.com.

Kementerian Komunikasi dan Informasi pun selanjutnya menginstruksikan kepada masyarakat Indonesia untuk mengakses penyedia musik yang besertifikasi legal saja. Situs tersebut seperti Langit Musik, Arena Musik, Melodi Online, Guvera, JOOX, dan Volup. Sementara ke-22 situs musik yang dicap ilegal oleh Kominfo adalah:

1. laguhit.com
2. mp3days.net
3. weblagu.com
4. wapkalagu.com
5. iozmusik.com
6. lagu.in
7. carilagu.net
8. bursalagu.com
9. beemp3s.org
10. arenalagu.com
11. saranmu.com
12. tubidy.in
13. stafaband.info
14. memomp3.com
15. zinzhu.com
16. mp3take.com
17. kumpulbagi.com
18. onlagump3.info
19. newlagump3.com
20. targetlagu.com
21. music-corner.info
22. musicxplore.com

Topik Hot Lainnya:   Siaran Video Langsung di Facebook Live Kini Bisa Dibidik dari Drone

via tekno.liputan6.com
featured image via internet-positif.org
diedit oleh WN