Beranda Tips

3 Cara Praktis Mengetahui Merk & Tipe Motherboard Tanpa Buka Casing CPU

14
0

Memiliki komputer atau laptop, adakalanya perlu mengetahui tipe atau model motherboard yang digunakan. Hal tersebut diperlukan untuk melakukan berbagai hal, seperti update driver. Berikut ini 3 pilihan cara praktis untuk mengetahui merk dan tipe motherboard :

Melalui DirectX Diagnostic Tool

Untuk membuka DirectX Diagnostic Tool, terlebih dahulu harus membuka Run. Caranya cukup mudah, menggunakan shortcut keyboard dengan menekan tombol Windows + R.

Saat Run terbuka, ketik dxdiag dan tekan Enter atau OK. Secara otomatis, kotak dialog DirectX Diagnostic Tool terbuka. Pada tab menu System, akan menampilkan merk atau nama perusahaan pembuat motherboard lengkap dengan informasi model komputer.

Melalui System Information di Administrative Tools

Cara Praktis Mengetahui Merk & Tipe Motherboard Tanpa Buka Casing CPU dapat juga melalui system information di administrative tools sekaligus akan mengetahui tentang Hardware Resources, Components, dan Software Environment.

Caranya, buka Control Panel, pada view by pilih Category. Lalu pilh System and Security, kemudian pilih Administrative Tool dan klik double pada System Information. Saat jendela baru System Information, secara otomatis akan menampilkan merk dan tipe dari motherboard yang digunakan oleh komputer.

Melalui Command Prompt

Cara Praktis Mengetahui Merk & Tipe Motherboard Tanpa Buka Casing CPU melalui Command Prompt cukup mudah. Tekan Windows + R dan ketik CMD. Apabila Command Prompt terbuka, maka ketik wmic baseboard get producet,manufacture,version,serialnumber. Jika perintah tersebut benar, maka muncul informasi mengenai motherboard.

Topik Hot Lainnya:   Lima Aplikasi Gratisan di Android yang Bisa Menghasilkan Uang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × 5 =