Beranda Advertorial

3 Pilihan Lensa Kamera Smartphone Tambahan

24
0

Apakah Gadgeteers pecinta fotografi? Jika iya, Tentu Gadgeteers sudah hafal betul dengan ragam kamera DSLR maupun SLR yang beredar luas di pasaran saat ini. Namun, bagaimana jika Gadgeteers memang seorang pecinta jepret-menjepret tapi hanya memiliki sebuah ponsel pintar? Jangan berkecil hati. Karena sejatinya dengan ponsel pintar pun Gadgeteers dapat memotret layaknya seorang fotografi dengan tambahan aksesoris mungil.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah lensa. Sebuah ponsel memiliki keterbatasan dalam hal resolusi dan optical zoom. Di sinilah pentingnya memiliki variasi lensa untuk ponsel pintar. Setidaknya ada 3 lensa utama yang dapat menjadi menjadi senjata Gadgeteers.

Lensa-fish-eye-TKPD
Lensa fish eye
alias lensa mata ikan menjadi lensa ponsel fotografi terpenting pertama. Lensa ini pada awalnya dikembangkan para ahli untuk meneliti awan dalam horizon dan cakupan yang lebih luas. Lalu berkembang menjadi lensa tambahan penting dalam fotografi kamera ponsel. Lensa fish eye dapat mengambil gambar hingga 180 derajat.

Hal ini memungkinkan Gadgeteers mengeksplor sebuah pemandangan secara cembung dan memberikan efek ilusi yang unik. Satu yang sedang populer di antaranya adalah Lensa Super Fisheye 235 untuk semua jenis ponsel. Lensa fisheye ini dibanderol sekitar Rp110 ribuan.

Lensa kedua adalah lensa makro. Dengan menggunakan lensa ini, Gadgeteers bisa mengeksplor objek-objek kecil secara detail. Bayangkan sebuah semut yang mengangkut makanan di lumbungnya. Jika memotret dengan kamera ponsel standar dijamin akan sangat sulit mendapatkan gambar zoom yang baik. Nah, dengan lensa makro. Jepretan akan lebih detil dengan tingkat resolusi yang lebih tajam. Kombinasikan lensa makro dengan lensa fish eye maka Gadgeteers akan dapat berkreasi dengan lebih kreatif dan bebas.

Amunisi lensa ketiga adalah lensa tele. Kemampuan sebuah kamera ponsel sangat terbatas dalam jangkauan jarak. Hal inilah yang mampu dimaksimalkan oleh lensa tele. Sesuai dengan namanya, lensa tele diperuntukan untuk mengambil gambar dari sebuah objek dalam radius yang lebih jauh. Lensa tele dapat meningkatkan kemampuan kamera ponsel pintar hingga mencapai 11x zoom.

Topik Hot Lainnya:   Membaca Jadi Lebih Menyenangkan Dengan Tampilan & Fitur Baru Scoop NewsStand v3.0

Beberapa lensa tele dengan kemampuan hingga 20x zoom bahkan sudah beredar di pasaran. Lensa tele memang sedikit besar dan memberikan beban tambahan signifikan kepada ponsel tetapi hal ini benar-benar sepadan dengan kualitas gambar yang bisa dihasilkan. Ada beberapa merek lensa tele, seperti Universal Tele Zoom 8x dengan ClipLensa Tele Zoom. Lensa tele ini dibanderol sekitar Rp100 ribuan.