Beranda Tips

4 Cara Menghindarkan Smartphone Android dari Virus Berbahaya

11
0

Layaknya manusia, smartphone Android juga bisa dijangkiti virus berbahaya yang pada akhirnya mengancam privasi dan keamanan Gadgeteers. Ada beribu cara yang dipunyai para hacker untuk bisa mengontaminasi perangkat Gadgeteers, sehingga selain berhati-hati, Gadgeteers juga dituntut cerdas dalam mengenali ancaman.

Perhatikan akses Permission aplikasi

Meskipun Gadgeteers mengunduh aplikasi dari situs resmi Google Play Store, Gadgeteers tetap wajib waspada, sebab di sana masih ada bahkan banyak bertebaran aplikasi yang diprogram untuk memata-matai korbannya.

HowtoGeek.com
HowtoGeek.com

Untuk itu, saat memasang aplikasi, perhatikan akses permission yang biasanya ditampilkan setelah mengklik tombol Install. Jika terdapat permintaan izin ke tool yang mencurigakan, batalkan segera.

Pakai antivirus terbaru

avg-antivirus

Memasang anti-virus memang penting untuk Gadgeteers lakukan. Tetapi yang perlu diingat yaitu pasanglah anti-virus versi terbaru agar fungsinya lebih maksimal. Ada banyak aplikasi antivirus gratis untuk Android, misalnya aplikasi dari AVG, Kaspersky, Norton, Avast dan lain-lain.

Hati-hati menggunakan WiFi Publik

Siapa sih yang tak mau dikasih akses internet gratis? Siapapun pasti mau. Tapi, perlu Gadgeteers ketahui bahwa WiFi publik sangat sering digunakan oleh peretas untuk masuk ke dalam sistem perangkat. Jadi, pastikan koneksi publik tersebut aman dan ditawarkan oleh penyedia layanan yang terpercaya pula.

Update Sistem Operasi Ponsel

Pabrikan smartphone biasanya merilis sistem operasi versi terbaru secara berkala. Suka atau tidak suka, Gadgeteers butuh perlindungan yang lebih optimal. Dan biasanya mereka memberikan hal itu melalui peluncuran versi terbaru tersebut.

via Androidcentral.com
WN

Topik Hot Lainnya:   5 Cara Mengatasi Smartphone Android yang Makin Lemot Tanpa Aplikasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

18 + fifteen =