Beranda Tips

4 Cara Mudah Mengganti Font di Smartphone Android

146
0

Font merupakan salah satu poin penting yang bisa membuat tampilan sebuah situs ataupun aplikasi menjadi jauh lebih menarik. Dengan kata lain, font yang tidak menarik juga tidak akan menarik minat pembaca untuk singgah dan berlama-lama di situs ataupun aplikasi tersebut.

Hal ini juga berlaku pada tampilan smartphone. Dengan font yang menarik, tampilan smartphone juga akan menjadi lebih menarik. Akan tetapi, bagaimana cara mengganti font untuk smartphone Gadgeteers?

Ada empat cara untuk mengubah font pada smartphone yaitu System Setting, HiFont, Font Installer, dan PerApp Fonts. Yang harus diingat, pada cara tertentu di bawah ini mengharuskan pengguna untuk me-root smartphone mereka terlebih dahulu.

System Settings

Ada beberapa vendor smartphone secara default memasang tool untuk mengganti font,tetapi ada juga yang tidak. Contohnya, Samsung menyediakan instal tersebut pada TouchWiz Interface versi lama. Pada versi tersebut, font bisa diganti dengan cara Settings – Device – Fonts – Font Style.

   4 Cara Mudah Mengganti Font di Smartphone Android

Sementara pada TouchWiz Interface versi terbaru, caranya adalah Setting – My Devices – Display – Font Style

HiFont

Metode ini bisa dilakukan jika smartphone pengguna tidak menyediakan metode built-in untuk mengganti font. HiFont adalah aplikasi gratis yang bisa ditemukan di Play Store. Aplikasi ini menyediakan banyak pilihan font. Selain itu, aplikasi ini juga sangat mudah digunakan.

4 Cara Mudah Mengganti Font di Smartphone Android

Yang menarik, install font dan aplikasi HiFont adalah aplikasi terpisah. Jadi, HiFont bisa langsung di uninstal ketika pengguna telah menemukan font yang disukainya. Pengguna juga dapat meng-instal kustom font sendiri.

Font Installer

4 Cara Mudah Mengganti Font di Smartphone Android

Sama seperti HiFont, Font Installer juga bisa ditemukan pada Play Store dan juga tersedia pada ROM Toolbox Pro. Kustom font bisa langsung di-instal langsung dari SD card. Namun, sebelum dapat menggunakannya, aplikasi ini harus di-root terlebih dahulu.

Topik Hot Lainnya:   Motorola Diam-diam Rilis Moto E3, Smartphone Android 5 Inci Murah

PerApp Fonts

Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengganti font sistem yang berlakuk pada semua aplikasi smartphone pengguna. Pengguna juga dapat mengatur setiap aplikasi untuk font yang berbeda.

4 Cara Mudah Mengganti Font di Smartphone Android

Sayangnya, aplikasi ini hanya menyediakan 8 pilihan font saja, yaitu Monospace, Serif, Sans, Roboto Condensed, Storopia, Rosemary, Roboto Slab dan font sistem default.

diedit oleh WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × 4 =