Beranda Tips

4 Masalah di Samsung GALAXY S4 dan Cara Mengatasinya

323
0

Kecanggihan Samsung Galaxy S4 membuat para penggunanya langsung jatuh hati. Smartphone buatan perusahaan asal Korea Selatan ini sukses menawarkan fitur canggih yang dibalut desain dan body yang elegan. Namun di sisi lain, ternyata Samsung Galaxy S4 menyimpan segudang masalah, beberapa sih, tidak banyak, hanya empat masalah dan itupun sudah ada solusinya.

Beberapa tips di bawah ini dapat menjadi solusi terbaik saat menghadapi masalah di Samsung Galaxy S4 kesayangan Gadgeteers.

SamsungGalaxyS4-JKShin-GG

Ngelag

Kondisi ngelag pada S4 memang sering terjadi baik pada saat menjalankan, menghentikan aplikasi, unlocking maupun saat menekan tombol Home. Solusi alternatifnya ada tiga cara.

  • Pertama, masuk ke Setting – Developer Options – scroll ke bawah – matikan settingan animation.
  • Kedua, masuk ke Setting – My Device – Lock Screen – Unlock Effect dan ubah setingan ke None.
  • Ketiga, Buka S-Voice dan masuk Setting – buang centang Open via the Home key agar menghilangkan masalah ngelag saat menekan tombol Home

Overheating

Pengguna Samsung Galaxy S4 sering kali mengeluhkan kondisi smartphone yang cepat panas saat melakukan panggilan, bermain game, menonton film, menjalankan kamera dan browsing. Kondisi panas yang berlebihan umumnya disebabkan oleh penggunaan berlebihan atau pada cuaca tertentu.

  • Solusinya adalah mengecek kemungkinan sumber panas. Pertama bisa dari aplikasi liar yang tidak diunduh dari Play Store.
  • Kedua, bisa dari media server yang dapat diatasi dengan melakukan backup semua file microSD ke komputer, kemudian format ulang.
  • Ketiga, jika itu dari gangguan software, maka solusinya dengan melakukan update.

Baterai Cepat Habis

Masalah umum yang juga terjadi tak hanya pada Samsung Galaxy S4 adalah baterai cepat habis. Solusi mudahnya yakni menon-aktifkan fitur Wi-fi, GPS, Mobile Data, Air View, NFC dll.

Topik Hot Lainnya:   Smartphone Xiaomi Redmi 5A Resmi Diluncurkan, Apa yang Baru?

Selanjutnya yakni mengurangi kecerahan layar, menggunakan wallpaper gelap, modus hemat daya diaktifkan lewat Quick settings pada panel Notifications dan mengatur sync pada aplikasi berat seperti facebook.

Kamera

Ada beberapa masalah umum yang terjadi pada kamera Samsung Galaxy S4.

  • Pertama, crash pada kamera sehingga mendadak mati. Solusi terbaiknya adalah me-restart telepon kemudian clear cache dan Data. Pergi ke Application Manager > Camera > sentuh tombol Force Close > Clear Cache > Clear Data > kemudian restart handphone.
  • Kedua, failed kamera dapat diselesaikan dengan clear cache and Data atau Wipe Cache Partition. Ketiga, blank screen atau layar hitam diselesaikan dengan soft reset dan tutup aplikasi background.

Solusi terakhir; Reset Pabrik. Jika problem di atas ternyata tetap berkelanjutan setelah melakukan langkah-langkah antisipasi, terakhir reset smartphone ke pengaturan pabrik. Tetapi Gadgeteers akan kehilangan semua data di memori ponsel.