Beranda Analisa

46% Pengguna Internet Indonesia Ketergantungan Ponsel?

2
0

Indonesia sekarang ini memiliki penetrasi internet 15.4% dari total jumlah penduduk atau sekitar 38 juta jiwa.  86% dari jumlah pengguna internet tersebut memiliki sebuah smartphone. Survei GlobalWebIndex terbaru menunjukan bahwa 46% pengguna internet Indonesia mengatakan bahwa mereka lebih merasa terancam kehilangan ponsel daripada dompetnya.

“… they feel more insecure without ‘my’ mobile phone than ‘my’ wallet

Hal tersebut tidak dapat dipungkiri juga karena dalam ponsel tersebut memiliki sebuah konektivitas internet yang sehingga membuat ponsel terasa lebih penting daripada sebuah dompet.

“… indicating just how important this device has been in terms of bringing the internet to those Indonesians

Selain tingginya angka penggunaan smartphone di Indonesia, ternyata GlobalWebIndex juga meneliti bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki angka pengguna Facebook terbesar di antara 32 negara lainnya yang mereka teliti (salah satu dari 32 negara tersebut adalah USA dan Australia) dengan total lebih dari 95% angka tersebut membuktikan bahwa hampir seluruh orang Indonesia memiliki akun Facebook, walaupun begitu 3 dari 5 orang yang artinya 60% nya saja masih aktif (sehari-hari) menggunakan Facebook, 2 orang lainnya bisa saja masih aktif namun jarang membukanya.

Indonesia is the world’s most active Facebook market

In the last year, the Indonesian mobile messaging audience grew by 45%

Dengan tingginya pengguna smartphone di Indonesia, aplikasi mobile messenger juga menjadi ikut naik. Hal tersebut dibuktikan kembali oleh survei GlobalWebIndex yang menunjukan bahwa dari tahun 2013 ke 2014 Indonesia memiliki peningkatan 45% dalam penggunaan aplikasi mobile messenger. Dengan 54% dari total keseluruhan, Whatsapp-lah aplikasi mobile messenger paling populer, lalu diikuti oleh Facebook Messenger pada urutan kedua dan WeChat di urutan ketiga.

Topik Hot Lainnya:   Cara Menggunakan Whatsapp Tanpa Nomor HP

WeChat sedang naik daun di Indonesia. Hal tersebut dikuatkan dengan banyaknya orang mengunggah foto mereka via mobile paling banyak dengan menggunakan WeChat sampai dengan 85% dan diikuti oleh Facebook Messenger sebesar 82%. Tentu saja, Indonesia yang sedang booming online shop maka tidak heran bila produk yang penjual tawarkan mereka upload menggunakan mobile messenger karena hal tersebut lebih mudah dan lebih cepat.

Mobile messager are young, affluent and highly active online

Tidak bisa dipungkiri juga, para pengguna smartphone di Indonesia kebanyakan adalah remaja, dan dewasa umur 44 tahun ke bawah. Terbukti dengan banyaknya penggunaan mobile messengers yang paling banyak antara umur 25 sampai 34, lalu diikuti umur 35 sampai 44, dan terakhir adalah 16 sampai 24. Hal tersebut karena pada umur 25 sampai 34 tahun, orang Indonesia banyak yang sedang berbisnis dan bekerja. Mereka menggunakan mobile messenger sebagai perantara alat bantu untuk memperlancar pekerjaan. Sementara itu pada umur 16 sampai 24, banyaknya anak muda dan remaja yang baru saja menginjakan kakinya di perguruan tinggi sehingga penggunaan mobile messenger hanya untuk sekadar chatting saja.

via GlobalWebIndex
featured image via flickr.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × 3 =