Beranda Tips

5 Aplikasi Android untuk Menghemat Kuota

23
0

Koneksi internet yang berasal dari data mobile ataupun WiFi adalah salah satu hal terpenting bagi setiap pengguna internet saat ini. Bahkan, ketersediaan koneksi internet bisa dibilang lebih penting daripada pulsa. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari banyaknya aplikasi smartphone yang memang harus terhubung ke internet agar bisa berjalan dengan maksimal.

Jika Gadgeteers mengandalkan WiFi untuk kebutuhan tersebut, tentu saja Gadgeteers tidak perlu memikirkan kuota yang akan cepat habis. Namun jika Gadgeteers menggunakan layanan data mobile yang memiliki batasan kuota, ada baiknya Gadgeteers mengetahui beberapa aplikasi yang bisa menghemat penggunaan kuota agar kegiatan berselancar di internet bisa dilakukan lebih lama.

Facebook Lite

Jika Gadgeteers aktif menggunakan sosial media, kemungkinan besar Gadgeteers juga menggunakan Facebook. Jaringan sosial media terbesar di dunia ini menyediakan aplikasi bernama Facebook Lite yang dibuat oleh para pengguna smartphone dengan spesifikasi rendah, dan tentunya bagi mereka yang memiliki kuota data terbatas. Selain itu Facebook Lite juga memiliki loading time yang lebih cepat karena konten-konten yang ditampilkan sedikit lebih rendah kualitasnya.

Facebook Lite

Opera Browser

Opera Browser adalah salah satu peramban internet yang cukup terkenal. Walaupun tidak sepopuler Google Chrome dan Mozilla Firefox, Opera Browser memiliki sebuah fitur yang tidak dimiliki oleh preamban lain, yaitu Opera Turbo yang bisa melakukan penghematan data. Gadgeteers tinggal mengakses fitur ini pada bagian Settings, lalu aktifkan fitur Enable Data Saving di Opera Browser.

Opera Browser

Opera Max

Masih dari Opera, aplikasi yang masih satu keluarga dengan Opera Browser ini merupakan sebuah aplikasi VPN yang bisa mengkompresi data yang berasal dari jaringan internet sebelum sebelum masuk ke dalam smartphone kita.

Topik Hot Lainnya:   Fitur Tersembunyi di Aplikasi Spotify yang Jarang Diketahui Pengguna

Opera Max

Netguard

Seperti namanya, aplikasi ini berfungsi untuk mengontrol aplikasi-aplikasi apa saja yang boleh terkoneksi ke internet di belakang layar. Cara kerjanya cukup mudah, Gadgeteers hanya perlu menentukan aplikasi yang ingin dihentikan aksesnya, kemudian pilih ikon drop down atau expand di samping ikon aplikasi pilihan Gadgeteers.

NetGuard

My Data Manager

Aplikasi yang terlihat rapi dan user friendly ini dapat membantu Gadgeteers melakukan pengawasan penggunaan data mobile oleh berbagai aplikasi dalam smartphone. Gadgeteers juga bisa menetapkan batas atas penggunaan kuota, sehingga aplikasi ini akan menampilkan pemberitahuan jika penggunaan data Gadgeteers sudah akan melewati batas bulanan.

My Data Manager

via jalantikus.com
WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nineteen + 12 =