Beranda Tips

5 Aplikasi Asisten Digital Android Alternatif Siri

28
0

Tidak bisa dipungkiri asisten digital yang bernama Siri cukup membuat penjualan perangkat Apple meningkat pada masanya. Oleh karena itu para pesaingnya seperti Microsoft dan Android pun mulai mengembangkan fitur serupa yang dapat menyaingi kemampuan Siri. 

Nah, menariknya di Android Gadgeteers dapat menggunakan aplikasi asisten digital pilihan sendiri. Lantas, apa saja sih aplikasi asisten digital yang tersedia untuk perangkat Android?

1. Google Assistant

google_assistant_029to5google.com

Diluncurkan bersama aplikasi pesan milik Google yakni Allo, banyak yang menyebutkan bahwa asisten digital milik Google ini lebih baik daripada Siri. Mengapa? Pasalnya ia dapat diperintahkan untuk melakukan sesuatu yang lebih detail yaitu seperti mengatur tingkat kecerahan layar, mengaktifkan Bluetooth sampai dengan bantuan Google Assistant juga Gadgeteers dapat mengirim pesan di waktu tertentu. Hanya saja memang sayangnya, aplikasi ini baru tersedia untuk Google Pixel.

2. Cortana

cortanahero+copyaolcdn.com

Kalau Google punya Google Assistant, Apple punya Siri, sekarang Microsoft mempunyai Cortana. Walaupun pada awalnya diluncurkan untuk perangkat Windows Phone dan pastinya sudah tidak asing lagi bagi pengguna Windows 10. Sekarang Cortana hadir untuk perangkat Android. Menariknya walaupun berbeda platform tetapi fungsinya di Android hampir sama seperti pada perangkat Windows Phone maupun Windows 10 yakni memiliki respons cepat dalam memenuhi permintaan pengguna seperti mengirim email, membuka aplikasi, atau sekedar mengatur alarm.

3. Assistant

Assistantnewzoogle.com

Berbeda dengan dua aplikasi sebelumnya, Assistant merupakan aplikasi pihak ketiga yang pada awalnya dikenal dengan nama SpeakToIt Assistant. Layaknya aplikasi asisten digital lainnya, Assistant pun dapat mengenal suara Gadgeteers dan memprosesnya dengan cepat. Dengan bantuan aplikasi ini pengguna dapat melakukan berbagai macam perintah seperti  membuka aplikasi, mengirim pesan, melihat cuaca dan mengatur pemberitahuan, menariknya aplikasi ini pun akan merespons perintah Gadgeteers atau dalam kata lain ia akan berbicara juga sehingga membuatnya terasa lebih hidup.

Topik Hot Lainnya:   Tips menambahkan Musik Latar di Instagram Stories

4. Utter

Utternothinggeek.com

Walaupun tidak sebagus aplikasi sebelumnya, Utter mampu kok dalam mengeksekusi perintah seperti memberitahukan cuaca atau waktu, membuat alarm, mengirim pesan hingga menelepon seseorang. Hanya Utter kurang pintar sehingga ia akan kurang mengerti pertanyaan yang bersifat kontekstual.

5. Indigo Virtual Assistant

Virtual-Assistant-Apps-Indigomaketecheasier.com

Dengan aplikasi ini Gadgeteers dapat melakukan hal mendasar seperti mengirim SMS dan email, melakukan panggilan, navigasi, dan hal-hal biasa lainnya. Menariknya, pengenalan suara dalam aplikasi Indigo Virtual Assistant ini terbilang cukup baik. Makanya tidak heran rating-nya sendiri cukup bagus.

featured image via eventilators.com

WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8 + two =