Beranda Aplikasi

5 Aplikasi Informasi Jalan Agar Mudik Tidak Tersesat

2
0

Lebaran tidak terasa sudah tinggal hitungan hari. Tidak aneh biasanya saat menjelang hari raya idul fitri kegiatan masyarakat yang berbondong-bondong untuk pulang ke kampung halamannya masing-masing menjadi meningkat, kegiatan yang kita kenal dengan mudik tersebut pasti akan selalu menimbulkan kemacetan.

Nah, untuk Gadgeteers yang kebetulan akan menempuh perjalan mudik. Di bawah ini ada aplikasi-aplikasi smartphone yang dapat membantu Gadgeteers untuk menentukan jalur mana yang akan dilewati sehingga tidak terjebak dalam kemacetan :

JasaMargaLive

JasaMargaLive

Mungkin namanya sudah tidak asing lagi di telinga, karena aplikasi ini merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk. selaku pengelola jalan tol untuk menginformasikan kondisi ruas jalan kepada kita para pengguna tol secara real-time. Tampilan informasi yang disajikan JasaMargaLive ini berupa sebuah teks dan tampilan video CCTV pada saat itu juga. Aplikasi ini bisa Gadgeteers unduh secara gratis di Google Play Store.

GIS Hubdat

gishubdat 2

Namanya memang sedikit asing, namun aplikasi ini merupakan keluaran direktorat Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan. Dengan aplikasi ini kita dapat mengetahui kondisi lalu lintas dan kita dapat melihat tempat-tempat mesjid, restoran, pom bensin, bank, atm, kantor polisi, rumah sakit, bengkel dan lainnya yang posisinya terdekat dengan keberadaan Gadgeteers saat itu. Menariknya aplikasi ini tersedia untuk semua jenis platform secara gratis. Untuk pengguna Android dapat diunduh pada Google Play Store, iOS pada App Store, dan Windows Phone pada Windows Store.

TMC Polda Metro

tmc

Aplikasi yang disediakan oleh Traffic Management Center Ditlantas Polda Metro Jaya ini menyediakan sebuah pelayanan berupa informasi tentang kondisi lalu lintas di beberapa daerah. Masih sama seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya, kita dapat melihat kondisi jalan melalui CCTV secara live. Menariknya aplikasi ini juga akan memperlihatkan live report dari Twitter milik TMC Polda Metro. Aplikasi ini tersedia untuk platform Android dan bisa diunduh di sini secara gratis.

Topik Hot Lainnya:   Memesan Restoran Atau Hotel Kini Bisa Dilakukan Langsung Via Google Search

Waze

waze

Aplikasi yang erat hubungannya dengan pengguna jalan ini bisa menjadi salah satu opsi Gadgeteers. Dengan aplikasi ini kita bisa mendapatkan informasi mengenai kondisi jalan yang akan kita tuju. Informasi tersebut muncul dari pengguna Waze lainnya, dan informasi-informasi tersebut ditampilkan dalam berupa peta digital yang menarik.

Aplikasi ini tentunya bisa menjadi navigasi kalau-kalau Gadgeteers tersesat. Waze sendiri tersedia untuk seluruh platform, untuk pengguna Android dapat diunduh di Google Play Store, iOS di App Store, dan Windows Phone di Windows Store secara gratis!

Lewat Mana

lewat mana

Sama seperti Waze tadi, aplikasi ini bisa menjadi alat navigasi karena menampilkan informasi dengan menggunakan peta namun tidak hanya itu saja, Lewat Mana juga dapat menampilkan informasi dalam bentuk foto dan video CCTV. Aplikasi ini tersedia untuk perangkat Android secara gratis, dan bisa diunduh di sini.

via Selular.id
featured image via openstreetmap.org
diedit oleh Winarso

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twelve + two =