Beranda Tips

5 Aplikasi Peta Offline yang Bisa Mendukung Perjalanan Mudik

8
0

Libur lebaran masih panjang, berarti itu tandanya untuk segera pulang ke kampung halaman. Fenomena ini di Indonesia sendiri dikenal dengan istilah Mudik. Nah, tetapi yang jadi masalah biasanya bagi pengendara sepeda motor maupun mobil pribadi. Jalur yang dilalui akan cukup sulit karena salah satu faktor penting yakni macet. Ya, tidak hanya satu atau dua orang saja yang melakukan mudik ini.

Hampir semua orang di akhir bulan Ramadan ini melakukan Mudik, oleh karena itu jalur yang biasanya Gadgeteers lewati pun akan penuh sesak oleh kendaraan dan menyebabkan kemacetan. Itulah saatnya kita memanfaatkan teknologi, sekarang ini sudah ada berbagai macam aplikasi yang dapat memberikan jalan pintas atau jalan alternatif. Kali ini @GadgetGaul akan memberikan tips aplikasi apa saja yang dapat Gadgeteers gunakan untuk menolong disaat-saat seperti itu. Aplikasi ini tentunya tidak melulu membutuhkan konektifitas internet, jadi jangan khawatir walaupun Gadgeteers sedang berada di antah-berantah.

1. Google Maps

Google Maps

Siapa bilang kalau Google Maps akan selalu menggunakan koneksi internet? Faktanya sekarang ini Google sudah mendukung offline mode lho. Jadi Gadgeteers dapat menggunakannya walaupun sang ponsel tidak terhubung dengan internet. Lantas bagaimana sih kok bisa? Tentunya, saat Gadgeteers sedang masih terhubung dengan internet, cobalah untuk buka Google Maps dan minta ia mengunduh peta perjalanan dari tempat asal ke tempat tujuan. Nantinya Google Maps akan menyimpan jalur tersebut beserta alternatifnya dalam memori ponsel Gadgeteers. Jadi, ketika ponsel tidak terhubung dengan internet, Google Maps masih tetap berfungsi seperti biasanya. Menarik bukan?

2. Waze

Waze

Tentunya, ada Google Maps, ada juga Waze yang selalu membuntuti. Tidak mau kalah, aplikasi petunjuk jalan yang “biasanya” lebih populer dikalangan pengguna iOS ini pun menyediakan fitur offline mode. Cara kerjanya sih hampir sama dengan Google Maps dan kekurangannya dalam mode tersebut adalah Gadgeteers tidak dapat mengetahui apa yang terjadi di perjalanan depan mata. Pasalnya kan Waze terkenal dengan notifikasi real-time yang melaporkan kondisi jalan dan peringatan kalau misalnya terjadi kecelakaan atau lainnya?

Topik Hot Lainnya:   4 Tim eSports Terbaik di Dunia dengan Penghasilan Miliaran Rupiah

3. HERE WeGo

Here WeGo

Kalau yang dua di atas tadi ada yang cukup “populer” untuk kalangan Android dan iOS, kali ini Windows Phone pun tidak mau kalah. Here WeGo merupakan salah satu aplikasi yang cukup populer dikalangan pengguna Windows Phone kala itu. Dengan aplikasi ini Gadgeteers dapat dengan mudah mengakses peta dalan keadaan offline mode dan menariknya pula dapat menampilkan informasi tentang transportasi publik saat itu secara real-time.

4. Karta GPS – Offline Navigation

Karta

Di posisi keempat ada Karta GPS – Offline Navigation. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang ditunjukan untuk non connectivity alias tanpa koneksi. Dengan aplikasi ini, mudik Gadgeteers dapat lebih mudah karena Karta GPS akan mencarikan jalur alternatif mudah kendati dirinya tidak terhubung dengan internet. Selain itu, Karta GPS pun menyajikan informasi tentang tempat wisata di sekitar Gadgeteers, yah itung-itung menunggu macetnya mereda bukan?

5. Sygic GPS & Offline Navigation

Sygic

Begitu pula dengan aplikasi yang terakhir ini. Dengan pengguna yang kurang lebih 200 juta. Sygic GPS & Offline Navigation menyediakan berbagai macam fitur mulai dari peta 3 dimensi, user interface yang menarik dan masih banyak lagi.

Itu dia tadi, ke-5 aplikasi peta offline yang dapat Gadgeteers gunakan untuk menemani mudik di tahun 2018 ini. Jangan lupa! Walaupun asyik melihat peta, jangan sampai lalai melihat jalan di depan ya.

WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ten + 1 =