Beranda Tips

5 Cara Mengetahui Nomor IMEI Ponsel yang Paling Mudah

54
0

Belakangan di kalangan pengguna smartphone marak perbincangan tentang IMEI, bukan tanpa alasan perbincangan ini muncul. Karena pemerintah Indonesia melalui tiga kementerian terkait yaitu kementerian Perindustrian, kementerian Perdagangan dan kementerian Komunikasi dan Informatika  akan menerapkan aturan pemblokiran ponsel-ponsel yang masuk ke Indonesia tanpa izin atau lebih dikenal dengan istilah black market atau yang IMEI ponselnya tidak terdaftar secara resmi.

Nantinya aturan ini akan juga bekerjasama dengan operator layanan seluler di Indonesia. Ponsel – ponsel yang nomor IMEInya tidak terdaftar maka akan dilakukan pemblokiran sinyal. Aturan ini rencananya akan mulai diuji coba pada tanggal 17 Agustus 2019 mendatang. Gadgeteers bisa mengecek nomor IMEI ponsel terdaftar di website resmi Kementerian Perindustrian di http://www.kemenperin.go.id/imei/.

Sebelum Gadgeteers mengecek nomor IMEI di website tersebut, pastinya Gadgeteers harus mengetahui terlebih dahulu nomor IMEI ponsel Gadgeteers. Berikut ini akan saya berikan cara mengetahui nomor IMEI ponsel.

Cek pada kotak ponsel

Cara pertama ini paling mudah untuk mengetahui nomor IMEI. Gadgeteers bisa melihat nomor IMEI pada kotak ponsel, biasanya tertera di belakang kotak atau pada stiker yang ditempel di belakang ponsel. Akan terdapat dua Nomor IMEI untuk ponsel yang mendukung dual sim card.

Cek di slot sim card

Selain dengan cara pertama tadi Gadgeteers bisa mengetahui nomor IMEI di slot sim card. Pada beberapa ponsel, produsen mencetak IMEI pada slot jadi bisa coba Gadgeteers cek apakah slot sim tertera di sana.

Cek di bagian belakang ponsel

Nomor IMEI juga bisa Gadgeteers temui pada bagian belakang ponsel. Sama seperti IMEI di slot sim card tadi, tidak semua produsen ponsel mencetak nomor IMEI ini pada bagian belakang baru Samsung dan Apple saja yang menerapkan cara ini. 

Cek pada menu pengaturan ponsel

Jika tiga cara di atas tadi melihat nomor IMEI melalui fisik ponsel dan kotak ponsel, cara ini memanfaatkan menu pengaturan yang ada pada ponsel Gadgeteers.  Cara nya cukup mudah, untuk perangkat iPhone bisa mengakses di menu Setting > General > About. Sedangkan untuk Android di Setting > About Phone > Status 

Cek dengan menekan kode dial up

Cara terakhir yang akan saya berikan untuk mengetahui nomor IMEI adalah melalui kode dial up. Gadgeteers cukup menekan kode *#06 pada menu dial up lalu tekan OK atau call maka akan muncul di layar ponsel nomor IMEI yang digunakan pada ponsel tersebut.

Itulah beberapa cara untuk mengetahui nomor IMEI, semoga dapat membantu dan untuk Gadgeteers yang nomor IMEInya hilang bisa dilihat pada postingan sebelemnya yang membahas IMEI hilang.

Topik Hot Lainnya:   5 Tips untuk Para Pengguna Pemula Nintendo Switch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

11 + five =