Beranda Tips

5 Cara Menghemat Baterai Smartphone

12
0

Pengguna smartphone sekarang ini sudah mulai menjamur dan berada dimana-mana. Tidak aneh bila banyak sekali penjual aksesoris smartphone seperti tongsis atau casing dan lainnya, dan biasanya aksesoris smartphone yang sekarang mulai intens dicari dimana-mana adalah power bank. 

Power bank merupakan aksesoris yang membantu smartphone Gadgeteers memiliki energi tambahan, namun apakah Gadgeteers tau kalau keseringan menggunakan power bank akan merusak smartphone Gadgeteers?

Tapi sepertinya, walaupun banyak orang yang sudah mengetahui itu, tetap saja mereka akan menggunakannya karena memang mereka membutuhkan hal itu kan. 🙂

Rata-rata orang membuka dan melihat smartphone-nya dalam sehari sampai 150 kali, dan hal itu merupakan bukti bahwa baterai menjadi sesuatu yang penting bagi semua orang. Lantas, bagaimana cara kita agar baterai smartphone Gadgeteers tidak cepat habis dan mengurangi pemakaian power bank?

1) Gunakan SIM Card dari operator yang koneksinya bagus di daerah Gadgeteers

sim-wifi(blogcdn.com)

Terdengar konyol dan sepele, tapi sebenarnya ini sangat berpengaruh untuk smartphone Gadgeteers. Mengapa demikian? Karena dengan koneksi dan sinyal yang bagus, smartphone Gadgeteers tidak akan terus dalam mode finding yaitu masa dimana smartphone Gadgeteers mencari sinyal dan melakukan loop flux yang berbeda-beda. Ketika sinyal bagus, smartphone Gadgeteers tidak harus lagi mencari sinyal, yang ia lakukan hanyalah melakukan loop flux dan melakukan pekerjaannya tanpa membuang-buang energi dari smartphone untuk membantunya mencari sinyal yang stabil.

2) Matikan koneksi yang tidak diperlukan

Internet(unikom.ac.id)

Ini yang paling malas dilakukan oleh orang yang addicted terhadap internet. Mematikan sebuah koneksi merupakan hal berat bagi mereka, karena dengan mematikan koneksi semua notif yang ada di media sosial menjadi hilang. Namun, untuk kebaikan baterai Gadgeteers, sebaiknya matikan saja koneksinya untuk sementara. Misalnya ketika sedang ada kuliah, menyetir, atau bekerja.

Topik Hot Lainnya:   Logitech CREATE : Keyboard Pertama untuk iPad Pro

Selain itu juga, koneksi yang tidak penting lainnya adalah WiFi dan Bluetooth. Kedua wireless ini jarang sekali digunakan. Namun untuk WiFi ada pengecualian.

Bila di tempat Gadgeteers terdapat WiFi, dan Gadgeteers ingin tetap terkoneksi dengan dunia luar. Lebih baik matikan konektivitas mobile dan gunakan WiFi saja.

3) Jangan set cahaya ponsel dengan otomatis

Tips hemat baterai android (3)(mahesarani.blogspot.com)

Penerangan di sekitar Gadgeteers tidak mungkin sama satu dengan yang lainnya dan itu akan membuat smartphone Gadgeteers terus secara otomatis merubah cahaya layar. Hal tersebut membuat baterai terkuras sedikit demi sedikit. Lebih baik, setting lah di mode paling kecil, itu lebih menghemat baterai walaupun membuat ketidaknyamanan bagi sebagian orang. 🙂

4) Matikan notifikasi

notifications(evanvibration.blogspot.com)

Di smartphone Gadgeteers pasti banyak sekali aplikasi, seperti Twitter, Facebook, Path, Instagram, LINE dan lain sebagainya. Lebih baik matikan notifikasi aplikasi-aplikasi tersebut. Well kecuali aplikasi chatting, bisa diakali dengan mengubah smartphone Gadgeteers ke mode silent atau getar.

5) Charge smartphone sampai penuh, lalu pergi

no_phone_zone_bumper_stickers-reb02282a16e0479cbfcc7d719bb1bd8d_v9wht_8byvr_512(zcache.com)

Tidak ingin smartphone Gadgeteers mati saat berada di luar rumah? Jangan pergi ke mana-mana 🙂 Hehe, ini cara yang simple dan sebenarnya tidak menolong. Tapi benar, bila baterai smartphone Gadgeteers tidak dalam keadaan 100% penuh. Sebaiknya jangan pergi ke mana-mana, tunggu saja sampai baterainya sampai penuh lalu pergi. Itu lebih menghemat baterai dan mengurangi penggunaan power bank.

featured image via which.co.uk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twenty − 5 =