Beranda Tips

5 Cara Merawat Layar Sentuh Smartphone Agar Awet Kinclongnya

46
0

Fitur touchscreen di perangkat smartphone sangat sensitif dan mudah sekali rusak meskipun tidak pernah jatuh atau terbentur benda keras. Adanya fitur Gorilla Glass di sejumlah smartphone terbaru memang menambah penjagaan akan ketahanan layar sentuh.

TetapiĀ fitur Gorilla Glass tidak dimiliki oleh seluruh jenis smartphone, maka perlu ada upaya manual dari penggunanya. Ada lima cara ampuh untuk menjaga fitur touchscreen smartphone Gadgeteers agar tetap kinclong dan mulus.

Memasang Pelindung Layar

Screen guard atau biasa disebut anti gores menjadi solusi ampuh dan juga umum untuk menjaga layar sentuh Gadgeteers tetap mulus tanpa goresan saat dipakai. Bahkan pelindung layar ini selalu menjadi aksesoris penting saat pembelian pertama smartphone. Meski sudah memiliki fitur Gorilla Glass, screen guard masih menjadi kebutuhan wajib untuk layar sentuh Gadgeteers.

hippo-tempered-glass-GG

Anti gores bisa didapatkan dengan harga bervariasi namun umumnya mulai Rp 15.000 sampai dengan Rp 75.000, tergantung pada kualitas yang diinginkan.

Tidak Menggunakan Kuku

www.123rf.com
www.123rf.com

Hindari memakai kuku saat mengoperasikan smartphone Gadgeteers karena salah-salah layar sentuh yang menjadi korban. Tak hanya tergores, touchscreen smartphone dapat retak jika kuku Gadgeteers terlalu tajam. Layar sentuh dibuat untuk jari bukan kuku.

Hilangkan Kebiasaan Menekan Keras

Kebiasaan menekan keras layar smartphone jika dilakukan secara terus menerus dapat berpotensi merusak komponen. Adanya sensor canggih di setiap smartphone meski yang murah sekalipun sudah mampu mengerti perintah yang dimaksud, jadi menekan layar terlalu keras seperti menekan keyboard jelas bukan tindakan yang smart.

Hindari Cahaya Matahari Langsung

Pemakaian smartphone pada kondisi terkena cahaya matahari atau daerah dengan suhu yang panas dalam waktu lama dapat merusak lapisan tipis berisi gel yang berada di antara layar dan ponsel.

Topik Hot Lainnya:   Alcatel Flash Resmi Dirilis dengan 4 Buah Kamera

Gel ini berfungsi sebagai media penyalur perintah dari layar untuk diteruskan ke ponsel. Efek yang sama akan terjadi jika menaruh smartphone di dasbord mobil atau jok sepeda motor.

Cara Pembersihan yang Tepat

Hanya bersihkan layar sentuh jika layar sentuh tidak diaktifkan atau lebih baik matikan smartphone Gadgeteers. Tetapi yang terpenting adalah menggunakan bahan yang halus dan kering. Gadgeteers dapat menggunakan kain microfiber yang sering digunakan untuk membersihkan lensa kacamata sebagai pengganti kain.

Demikian beberapa tips menjaga layar sentuh smartphone agar tetap kinclong, mulus dan bekerja secara optimal. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fourteen − five =