Beranda Tips

4 Fitur Tersembunyi Mesin Pencari Google yang Jarang Digunakan

41
0

Semua orang yang sudah mengenal internet pasti tidak asing lagi dengan Google,perusahaan teknologi yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1998.

Apapun informasi yang kita ingin ketahui pasti yang pertama kali dibuka adalah google.com, dengan mengetikkan kata kunci sesuai yang ingin kita cari maka jutaan bahkan milyaran informasi terkait tersaji dengan seketika. Tapi itu saja tidak cukup, tahukah Gadgeteers, bahwa mesin pencari Google ini mempunyai fitur tersembunyi lainnya yang jarang sekali digunakan para netizen, nah fitur apa sajakah itu simak penjelasannya berikut ini.

Mengetahui jumlah populasi suatu negara

kita tidak perlu repot-repot untuk mengetahui jumlah penduduk sebuah negara dengan mendatangi kantor statistik atau terkait. cukup dengan mengetikkan kata populasi Indonesia atau populasi Jepang pada kolom pencarian Google, maka Google akan menampilkan hasilnya dengan detail dalam bentuk snippet. Bahkan akan muncul perbandingan pertumbuhan populasi negara lain yang jumlah populasinya mirip dengan kita.

Sebagai alat konversi mata uang

Salah satu fitur yang jarang juga digunakan adalah pemberi informasi konversi mata uang. Kita bisa mengetahui nilai tukar mata uang ke rupiah atau kemata uang lainnya cukup dengan mengetikkannya di google, maka hasilnya pun akan kita ketahui. misalnya kita ingin mengetahui nilai tukar dolar terhadap rupiah atau mata uang lainnya kita cukup mengetikkan nilai tukar dolar terhadap rupiah atau nilai tukar dolar terhadap ringgit.

Bermain Game

jika Gadgeteers anak tahun 90an pasti tau dengan game Snake dan Pacman, game yang biasanya dimainkan di hp jadul atau PC jadul. ternyata game ini sekarang bisa juga dimainkan di Google. Caranya, Gadgeteers cukup mengetikkan Play Snake di kolom pencarian Google. Nantinya, akan muncul snippet yang akan membawamu bermain game Snake.

Topik Hot Lainnya:   Lupa Nomor ID Pelanggan PLN? Ini Solusinya

Selain Snake, Gadgeteers juga bisa bermain game Pacman. Caranya sama, Gadgeteers cukup mengetikkan Play Pacman di Google. Masih banyak lo geng permainan lain yang bisa Gadgeteers mainkan!
Menguji Kecepatan Internet

Selain menggunakan aplikasi seperti speed test atau yang lainnya untuk mengecek kecepatan internet, Gadgeteers juga bisa mengecek kecepatan inernet melalui Google. Fitur ini bisa Gadgeteers uji dengan mengetikkan keyword uji kecepatan internet.

Tekan tombol Jalankan Uji Kecepatan yang berwarna biru. Setelah beberapa detik, akan kelihatan deh berapa kecepatan internetmu!

Mencari Wajah Idola

Fitur tersembunyi terakhir adalah mencari wajah idola, ketika sedang mencari foto idola, terkadang Gadgeteers hanya ingin foto yang menampilkan wajahnya saja bukan? Nah, Google sebenarnya punya fitur untuk ini. Caranya, Gadgeteers buka tabs Images, lalu klik Search Tools. Pada menu Any type, pilih Face. Nantinya foto yang ditampilkan akan berupa foto-foto wajah idola saja.

Jadi itulah beberapa fitur tersembunyi mesin pencari Google yang jarang digunakan tapi besar banget manfaatnya. masih banyak fitur tersembunyi Google lainnya, mungkin akan kita bahas di lain kesempatan.

WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

7 − one =