Beranda Tips

5 Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Penting untuk Diketahui

26
1

Saat ini, WhatsApp adalah aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif. Namun ternyata masih banyak yang belum mengetahui beberapa fitur tersembunyi yang ada di dalam layanan yang dimiliki oleh Facebook ini.

Disadur dari berbagai sumber, berikut ini adalah 10 fitur tersembunyi di WhatsApp.

WhatsApp

1. Backup Percakapan

Gadgeteers sering mengganti ponsel? Tentunya proses memindahkan data menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan, termasuk isi percakapan dengan orang lain. Di WhatsApp, Gadgeteers bisa menyimpan dan memulihkan data percakapan tersebut dengan mudah.

Gadgeteers cukup membuka menu Pengaturan/Setting, lalu cari tab bertuliskan Chat dan Chat Backup. Dengan memasukkan akun Gmail, WhatsApp akan secara otomatis menyimpan semua percakapan kita secara berkala di dalam Google Drive.

Gadgeteers juga bisa menyimpan percakapan dalam bentuk teks dengan memilih tiga titik yang berada di kanan atas, pilih opsi More, dan pilih Email Chat. Di sini Gadgeteers akan diminta untuk memilih apakah akan menyertakan berbagai media dalam percakapan seperti foto atau hanya teks saja. Setelah memilih, akan muncul e-mail yang berisi percakapan tersebut.

WhatsApp


2. Menyembunyikan tanda “Last Seen” dan “Read”

Salah satu fitur WhatsApp yang cukup unik adalah para pengguna bisa saling melihat kapan terakhir kali mereka membuka aplikasi ini, sehingga pengguna bisa memaklumi jika ada pesan yang belum dibalas oleh lawan bicara.

Namun, jika Gadgeteers ingin menjaga privasi seketat mungkin, Gadgeteers bisa mematikan fitur ini dengan masuk ke menu Setting, kemudian pilih tab Account dan Privacy, lalu pilih tulisan “Last Seen”. Gadgeteers bisa memilih siapa saja yang boleh melihat status “Last Seen” tersebut, seperti Everybody (siapapun), My Contact (orang yang ada dalam buku kontak), atau Nobody (tidak seorang pun).

Topik Hot Lainnya:   Cara Mudah Ubah Account Instagram Jadi Verified Account

Gadgeteers juga bisa menyembunyikan status jika sebuah pesan sudah terbaca alias “Read”. Status yang ditandai dengan lambang dua centang biru ini bisa dinonaktifkan dengan cara masuk ke menu Setting, Account dan Privacy, lalu Gadgeteers tinggal menghapus tanda centang pada kolom Read Receipts.

WhatsApp

3. Menghentikan Unduh Otomatis

Biasanya berbagai media yang dikirimkan melalui WhatsApp akan secara otomatis terunduh sehingga memakan cukup banyak paket data. Gadgeteers bisa mematikan fungsi ini dengan masuk ke menu Setting, pilih Data Usage, dan di dalam Media Auto Download, pilih pengaturan yang tepat untuk menungunduh data, seperti ketika ponsel sedang terhubung ke WiFi, atau mobile data, atau ketika roaming saja.

4. Blokir kontak

Sering mendapatkan spam atau ingin menghindari orang tertentu? WhatsApp sudah menyediakan fitur blokir agar orang tersebut tidak bisa menghubungi Gadgeteers lagi. Caranya buka percakapan dengan orang yang dimaksud, pilih tiga titik di bagian kanan atas, pilih More, dan akan muncul pilihan Block. Dengan memilih opsi tersebut, pemblokiran pun selesai.

WhatsApp

5. Mengutip Pesan di Grup

Di dalam sebuah percakapan grup, biasanya kita ingin membalas pesan seseorang tanpa harus tercampur dengan topik pembicaraan lainnya. Gadgeteers bisa memanfaatkan fitur untuk mengutip pesan dengan cara menahan pesan yang ingin dibalas, lalu memilih tanda panah yang muncul di sebelah kiri atas.

Setelah menuliskan komentar dan mengirimnya, semua anggota grup bisa melihat jika Gadgeteers sedang membalas sebuah obrolan yang lebih spesifik.

via Hongkiat.com
WN

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8 + fifteen =