Beranda Analisa

5 Hal Menarik pada Snapdragon 820 yang Mungkin Kamu Belum Tahu

198
0

Snapdragon 820 bukan hanya sekadar prosesor. Sama seperti Snapdragon lainnya, ia adalah sebuah System-on-Chip (SoC) yang tidak hanya mengatur performa komputasi sebuah smartphone atau tablet namun juga performa grafis, koneksi seluler, WiFi, Bluetooth, audio dan daya baterai.

Penerus Snapdragon 810 ini telah diperkenalkan secara global sejak kuartal 4 tahun 2015. Beberapa smartphone pertama pengguna Snapdragon 820 telah meluncur pada awal tahun 2016 pada ajang CES yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat dan MWC yang berlangsung di Barcelona, Spanyol. Namun baru pada akhir Maret 2016 Qualcomm memperkenalkan Snapdragon 820 ke Asia Tenggara. Smartphone dengan Snapdragon 820 pun hingga tulisan ini dimuat belum ada yang masuk secara resmi ke Indonesia kendati peminatnya tidak dapat sedikit. Inilah 5 hal menarik pada Snapdragon 820 yang mungkin kamu belum tahu :

1) Lebih Cepat dan Lebih Hemat Daya Hanya Sebagian dari Nilai Jualnya

Snapdragon-820-VR

Sebagaimana produk teknologi lain, lebih cepat dan lebih hemat daya selalu menjadi nilai jual produk baru. Qualcomm tetap mengklaim Snapdragon 820 lebih cepat dan lebih hemat daya dibandingkan generasi sebelumnya, Snapdragon 810.

Lebih dari itu, Snapdragon 820 menawarkan beberapa terobosan seperti penggunaan sensor sidik jari yang dapat bekerja dengan baik kendati jari dalam kondisi basah/kotor dan kenyamanan pengalaman menonton konten VR dengan layar yang mampu menampilkan resolusi 4K pada 60FPS dengan refresh rate 60Hz dan motion to photon latency di bawah 18ms (Di atas 20ms dapat menyebabkan motion sickness pada pengguna VR).

2) Tidak Semua Fitur Hadir pada Perangkat Ber-Snapdragon 820

Snapdragon-820-Device

Secanggih-canggihnya fitur-fitur yang Qualcomm sematkan pada Snapdragon 820, tidak semuanya otomatis diadopsi oleh para pembuat smartphone yang menggunakan Snapdragon 820. Para pembuat smartphone dapat memilih ingin mengadopsi fitur-fitur Snapdragon 820 apa saja pada perangkatnya yang disesuaikan dengan target harga jual ke konsumen. Pengadopsian semua fitur canggih Snapdragon 820 dapat menyebabkan pembengkakan biaya komponen smartphone yang berujung pada naiknya harga jual smartphone tersebut ke konsumen.

3) Fitur di Snapdragon 820 Akan Tersedia di Snapdragon Kelas Menengah & Bawah Dalam 1-2 Tahun

Snapdragon-Feature-Cascades

Pada tahun 2013, LTE Cat 4 dan VoLTE hanya tersedia pada chipset Snapdragon premium, yakni seri 800. Tahun berikutnya kedua fitur tersebut sudah hadir pada chipset Snapdragon kelas menengah, yakni seri 600 dan 400. Pada tahun 2015, chipset Snapdragon entry level, yakni seri 200 telah mengadopsi kedua fitur tersebut.

Pada tahun 2016 ini Gigabit LTE dan WiFi 802.11ad yang super kebut itu jadi fitur baru di Snapdragon 820. Menarik untuk melihat tahun depan fitur ini sudah ada di smartphone Rp2-3 jutaan dan tahun berikutnya hadir di smartphone dengan banderol harga di bawah Rp1 juta.

4) Bukti Nyata Performa prosesor 4-inti Bisa Lebih Baik dari prosesor 8-inti

Antutu Snapdragon 820

Tahun 2016 adalah tahun di mana hampir semua smartphone kelas menengah dan atas menggunakan prosesor 8 inti yang diklaim memiliki performa komputasi lebih baik dibandingkan dengan prosesor 4-inti. Salah satu pesaing Qualcomm bahkan mulai menghembuskan teaser untuk prosesor 10-inti beberapa waktu lalu.

Hasil benchmark pada aplikasi AnTuTu 6.0 membuktikan sebaliknya. Hanya dengan 4-inti, performa Snapdragon 820 berhasil memuncaki klasemen sementara prosesor paling tangguh di dunia saat ini mengalahkan Samsung Exynos 8890 dan Kirin 950 buatan Huawei yang menggunakan 8-inti di peringkat ke-3 dan ke-4. Menariknya prosesor pada peringkat ke-2 di bawah Snapdragon 820 justru adalah prosesor 2-inti. 

Apa kuncinya? Snapdragon 820 memanfaatkan Digital Signal Processor (DSP) Hexagon untuk pekerjaan-pekerjaan khusus seperti pengolahan gambar, pengolahan suara serta efek-efeknya, dan beragam pekerjaan rutin lain. DSP mirip dengan sebuah inti pada prosesor tapi bekerja dengan suhu lebih rendah dan tak membutuhkan daya listrik sebesar inti prosesor. Jadi sebenarnya Snapdragon 820 memiliki lebih dari 4-inti tapi inti yang ditambahkan tidak sepanas dan boros listrik layaknya sebuah inti prosesor.

5) Hadir Bukan Hanya di Smartphone atau Tablet

Snapdragon-Roadmap-2016

Iya, Snapdragon 820 tidak hanya akan bekerja mengotaki smartphone dan tablet. Qualcomm juga menghadirkan Snapdragon 820A (dengan modem LTE) dan 820Am (tanpa modem LTE) untuk industri otomotif. Jajaran mobil Audi pada tahun 2017 mendatang ditenggarai akan jadi mobil pertama yang akan menggunakan chipset ini.

Jangan membayangkan mobil dapat berjalan otomatis tanpa pengemudi dengan chipset ini. Fungsi Snapdragon 820A dan 820Am hanya untuk keperluan navigasi dan hiburan di dalam mobil yang menggunakan sistem operasi Android Auto, QNX dan CarPlay.

Langkah Qualcomm merambah industri otomotif ini sebenarnya tidak terlalu mengejutkan mengingat pada tahun 2014 silam Qualcomm telah memperkenalkan Snapdragon 602A yang juga ditujukan khusus untuk industri otomotif.

Topik Hot Lainnya:   Teaser Terbaru Indikasikan Sony Kembali Rilis Perangkat Anti Air

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × 5 =