Beranda Tips

5 Masalah Klasik di Ponsel Xiaomi dan Cara Mengatasinya

144
0

Sejak kehadirannya di pasar ponsel tanah air, Xiaomi langsung mencuri perhatian karena membawa spesifikasi lebih tinggi dibandingkan pesaingnya di kelas harga yang sama.

Namun, di balik popularitasnya, ponsel Xiaomi juga dikeluhkan oleh sebagian penggunanya karena memiliki beberapa masalah pada pengoperasian softwarenya. Apa saja masalahnya? Dan bagaimana cara mengatasinya?

1. Notifikasi BBM Tidak Masuk dan Tertutup Sendiri

Sebuah aplikasi chatting seperti BBM diharuskan untuk selalu berjalan di background agar semua notifikasi dapat masuk sesaat setelah sebuah pesan dikirimkan.

Namun, karena manajemen aplikasi di MIUI terlalu ketat, pesan dari BBM tersebut malah sulit masuk dan menyebabkan keterlambatan penerimaan pesan. Cara mengatasi masalah ini adalah cukup buka bagian Security > Permissions, pilih Autostart, dan nyalakan fungsi Autostart BBM. Cara ini juga bisa diterapkan untuk aplikasi lain.

Masalah Ponsel Xiaomi

2. Google Now Tidak Dapat Dijalankan

Di semua ponsel Android terbaru, Google Now menjadi salah satu fitur penting yang untuk menerima perintah melalui suara layaknya Siri di iOS. Ternyata, fungsi Google Now tidak bisa langsung berjalan secara default pada ponsel Xiaomi.

Cara mengatasinya adalah dengan masuk ke menu Security > Permissions > Google App, dan berikan tanda contreng di bagian Modify system setting.

Masalah Ponsel Xiaomi

3. Kontak WhatsApp Tidak Muncul

Masalah ini lagi-lagi disebabkan oleh sistem MIUI yang sangat ketat, namun Gadgeteers tidak perlu khawatir. Untuk mengatasinya, tinggal masuk ke bagian Security > Permissions, dan pilih aplikasi WhatsApp untuk memberikan tanda contreng di bagian Contact.

Masalah Ponsel Xiaomi

4. Baterai Boros Saat terhubung ke WiFi

MiCloud adalah alasan utama kenapa baterai pada ponsel Xiaomi menjadi cepat habis saat terhubung ke WiFi. Karena data-data yang ada di dalam ponsel kita akan secara otomatis dibackup ke layanan cloud dari Xiaomi ini, sehingga sistem pun akan selalu berjalan walaupun layarnya sudah dimatikan. Cara paling mudah untuk mengatasi masalah ini adalah sign out dari Mi Account.

Topik Hot Lainnya:   Cara Mencegah Microsoft Edge Menyimpan Password

Masalah Ponsel Xiaomi

5. Tidak Ada Recovery Setting

Sejak akhir 2015, Xiaomi memang menerapkan kebijakan untuk tidak membekali ponsel mereka dengan Recovery Setting, karena semua Bootloader ponsel Xiaomi terbaru telah dilock. Padahal, Recovery Setting termasuk ditur penting karena bisa digunakan untuk melakukan backup, wipe data dengan mudah, hingga melakukan update sistem.

Untuk memasang Recovery di ponsel Xiaomi, Gadgeteers harus mengunlock Bootloadernya terlebih dahulu dengan melakukan permintaan unlock di situs Miui, dan mengikuti langkah selanjutnya. Setelah Bootloader berhasil diunlock, Gadgeteers bisa memasang Recovery menggunakan Adb Command.

Masalah Ponsel Xiaomi

via Jalantikus.com

diedit oleh WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fourteen + sixteen =