Beranda Analisa

5 Pelajaran dari Pemain Pokemon GO untuk Fotografer Profesional

33
0

Mungkin Gadgeteers heran saat membaca judul di atas. Ya, bagaimana mungkin pekerjaan seorang fotografer profesional bisa dibandingkan dengan seorang pemain game smartphone? Kedengarannya cukup tidak masuk akal. Tapi jika kita telusuri lebih jauh, ternyata kedua aktivitas ini memiliki beberapa persamaan yang kental.

1. Kesabaran adalah segalanya
Di dalam game Pokemon GO, ada sebuah cara yang bisa dilakukan untuk menaikkan level kita dengan cepat. Dengan menggunakan kombinasi banyak Candy, belasan Pidgey yang sudah ditangkap, dan dilengkapi dengan sebuah Lucky Egg, Gadgeteers bisa mendapatkan banyak sekali XP dalam waktu 30 menit. Namun untuk melengkapi syarat di atas, Gadgeteers harus menghabiskan cukup banyak waktu untuk mencari dan menangkap Pidgey.

Mirip seperti seorang fotografer profesional, untuk sukses di dalam dunia fotografi profesional, mereka harus sabar menunggu sebuah momen yang berharga untuk diabadikan, dan konsisten mengulangi proses tersebut dalam jangka waktu yang tidak sebentar hingga bisa dikenal luas.

Pokemon GO fotografer

2. Kecurangan akan memberikan konsekuensi yang besar
Saat ini, Niantic Labs telah memberlakukan sistem banning kepada para “Pokemon Trainer” yang melakukan pemalsuan posisi GPS untuk memberikan efek jera. Untuk dunia fotografi profesional sendiri, Google juga telah memberikan hukuman bagi para pemilik website yang menerapkan praktik SEO yang tidak sesuai dengan aturan. Tentunya hal ini menjadi sebuah kerugian besar karena hasil karyanya akan sulit ditemukan oleh para pengguna internet. Dengan koneksi internet yang semakin luas, semakin kencang dan semakin terjangkau, seorang fotografer yang mengambil hasil karya orang lain tanpa izin pemiliknya akan semakin mudah ditemukan publik. Hal tersebut tentu akan membuat reputasi sang fotografer curang tersebut jatuh seketika.

3. Peralatan punya peran penting
Setelah mencapai level 10, Gadgeteers pasti akan merasakan pengingkatan tingkat kesulitan ketika mencoba untuk menangkap Pokemon liar, bahkan Pokemon dengan CP rendah sekalipun. Karena itu, Gadgeteers akan diperkenalkan dengan “senjata” yang lebih efektif bernama Great Ball.

Topik Hot Lainnya:   3 Fitur Ponsel yang Sering Terlupakan

Untuk para fotografer profesional, sebuah kamera yang punya performa ISO yang tinggi, kemampuan mencari autofokus yang cepat dan akurat serta dilengkapi dengan lensa tajam, akan mempermudah sang fotografer untuk menghasilkan sebuah gambar yang jauh lebih bagus dibandingkan dengan kamera biasa.

Pokemon GO fotografer

4. Pentingnya bergabung ke dalam sebuah tim
Ketika sudah mencapai level 5, Gadgeteers akan diminta memilih sebuah tim bedasarkan warna dan motivasi utama dalam bermain Pokemon GO. Dengan bergabung dengan sebuah tim, Gadgeteers bisa menyerang sebuah gym dan mendapat hadiahnya bersama.

Di dalam dunia fotografi profesional, keberadaan sebuah tim atau kelompok menjadi hal yang esensial karena berisikan orang-orang dengan latar belakang dan tujuan yang sama. Bergabung dengan sebuah kelompok juga bisa menjadi sumber informasi yang ter-update mengenai dunia fotografi dan partner untuk kolaborasi serta tidak menutup kemungkinan, berbagi pekerjaan.

5. Kita tidak dapat memperoleh semuanya
Sebagian dari Gadgeteers mungkin sudah pernah mengalami kehabisan PokeBall atau koneksi internet tidak stabil ketika Pokemon baru/langka muncul atau sudah menghabiskan banyak PokeBall dan Berries tapi Pokemon baru/langka tersebut kabur begitu saja. Mustahil kita bisa menangkap semua Pokemon yang kita inginkan.

Begitu juga di dunia fotografi profesional, tidak jarang kita sudah berusaha keras mempresentasikan ide dan portofolio terbaik kita di depan klien potensial namun usaha tersebut bertepuk sebelah tangan. Ingat untuk jangan pernah takut kehilangan dan nikmati setiap proses tersebut karena hampir semua fotografer profesional pernah mengalami kejadian tidak mengenakan tersebut.

via petapixel.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 + five =