Beranda Tips

5 Penyebab Smartphone Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

12
0

Pengguna smartphone sering kali merasakan temperatur gadget Androidnya mulai meningkat ketika sedang digunakan. Kondisi panas pada smartphone android umum terjadi karena kinerja sistem di dalamnya yang menyerupai kinerja laptop atau PC. Lantas kenapa smartphone lebih cepat panas daripada PC?

Alasannya terletak pada adanya pendingin yang biasa berupa kipas yang terdapat di dalam PC, sedangkan smartphone tidak memiliki komponen tersebut.

Pengetahuan akan batasan wajar smartphone yang panas sering kali diabaikan oleh pengguna smartphone. Padahal panas yang berlebihan akan berakibat fatal pada smartphone. Berikut adalah6 penyebab smartphone Android cepat panas beserta solusi alternatif yang dapat dilakukan.

Kinerja Berlebihan

Smartphone yang dipaksakan untuk menjalankan aplikasi dalam jumlah banyak atau berat dapat meningkatkan tempertur smartphone karena sistem operasi yang bekerja berlebihan. Aplikasi berat seperti game HD, GPS dan streaming, terlebih lagi jika melebihi kapasitas RAM yang dimiliki smartphone Gadgeteers jelas membuat smartphone akan cepat panas.

Oleh karena itu, memahami spesifikasi smartphone dan lebih respect adalah langkah awal mencegahnya bekerja tidak wajar dan berlebihan.

Koneksi Terganggu

Tidak jarang smartphone harus mencari jaringan terbaik untuk mendapatkan koneksi ideal saat berada dalam perjalanan. Lokasi yang jauh dari BTS membuat smartphone bekerja terus-menerus untuk mencari sinyal. Solusinya adalah dengan mematikan koneksi internet saat berada pada jaringan yang minim atau jika dibutuhkan mode pesawat pada smartphone bisa diaktifkan.

Pemakaian di Tempat Bersuhu Panas

Memakai smartphone di jalan raya yang terkena langsung sinar matahari, terlebih pada siang hari jelas mempercepat smartphone menjadi panas. Suhu lingkungan yang panas juga menjadi sebab smartphone cepat panas. Alternatif solusinya yakni memakai smartphone di tempat yang nyaman dan aman dengan suhu yang wajar.

Topik Hot Lainnya:   Cara Menang Terus Menggunakan Karina di Game Mobile Legends

Debu Berlebihan

Adanya debu yang menumpuk pada smartphone Gadgeteers dapat menghambat panas yang akan keluar, terlebih lagi debu yang berlebihan pada lubang-lubang kecil smartphone. Menggunakan cover penutup dan selalu menjaga kebersihan smartphone baik tempat penyimpanannya maupun lubang kecil pada smartphone merupakan solusi terbaik untuk mencegah peningkatan suhu smartphone.

Baterai Bermasalah

Baterai rusak dapat mengganggu kestabilan kerja hardware smartphone sehingga tidak berjalan secara efisien dan berujung pada smartphone yang cepat panas. Solusi terbaiknya yakni mengontrol optimasi kerja baterai baik dengan aplikasi atau menambah aksesoris perangkat jika akan mengganti baterai baru.

featured image via play.google.com