Chipset pada sebuah smartphone atau tablet mengatur begitu banyak hal penting mulai dari prosesor, GPU, konektivitas nirkabel, fotografi hingga baterai. Snapdragon 820 adalah chipset terbaik dari Qualcomm untuk pangsa pasar smartphone dan tablet kelas atas di tahun 2016. Kehadiran chipset yang diperkenalkan secara resmi pada 10 November 2015 ini dinantikan tidak hanya oleh para produsen gadget tapi juga para penggemar gadget di seluruh dunia yang ingin menyaksikan kiprahnya menghadapi pesaing kuatnya, MediaTek Helio X10.

Penerus Snapdragon 810 ini kembali mengusung perbaikan di berbagai sektor. Lebih cepat, lebih besar dan lebih efisien masih menjadi mantra Qualcomm dalam menjual Snapdragon 820. Prosesor Snapdragon 820 diklaim memiliki performa dan efisiensi 2x lebih baik dibandingkan dengan prosesor Snapdragon 810. GPU Adreno 530 yang diusung chipset baru ini diklaim memberikan performa grafis, kemampuan komputasi dan efisiensi 40% lebih baik dibandingkan dengan GPU Adreno 430. Image Signal Prosesor (ISP) pada Snapdragon 820 kini dapat menangkap gambar dengan resolusi lebih besar yakni 25MP dengan zero shutter lag. Yang tidak kalah menarik, Qualcomm menyematkan dukungan untuk LTE Cat 12 yang secara teori mampu mengunduh hingga 600Mbps dan LTE Cat 13 yang secara teori mampu mengunggah hingga 150Mbps. Hingga saat ini operator seluler di Indonesia baru mendukung hingga LTE Cat 6 yang secara teori mampu mengunduh hingga 300Mbps.

Qualcomm-Snapdragon-820
Hingga artikel ini ditulis, @GadgetGaul mencatat telah ada 5 smartphone dengan Snapdragon 820 yang telah diperkenalkan secara resmi oleh pembuatnya. Inilah mereka :

1) Le Max Pro

Smartphone pertama dengan Snapdragon 820 ini dijual secara terbatas di Tiongkok dengan jumlah hanya 1.000 unit. Smartphone seharga US$305 (sekitar Rp4.1 juta) ini dilengkapi RAM seluas 4GB, kamera belakang beresolusi 21MP, layar QHD berukuran 6.33-inch, baterai 3.400mAh, port USB Type-C dan berjalan pada sistem operasi Android Marshmallow 6.0.

2) HP Elite x3

Smartphone Windows 10 pertama dengan Snapdragon 820 ini menggunakan RAM seluas 4GB, kapasitas penyimpanan 64GB yang dapat diperluas dengan microSD hingga kapasitas 2TB, layar 6-inch beresolusi quad HD dan baterai berkapasitas 4.150mAh yang mendukung pengisian ulang nirkabel. Sayangnya HP belum mengumumkan harga smartphone ini dan ketersediaannya di pasar pun diperkirakan masih perlu menunggu beberapa bulan ke depan.

3) LG G5

Meski bukan yang pertama dengan Snapdragon 820, smartphone ini berhasil meraih penghargaan pada Mobile World Congress (MWC) 2016 sebagai Best New Mobile Device. Dengan desain modular yang dapat dilepas-pasang sesuai dengan kebutuhan pengguna, LG terhitung berani menawarkan ide segar yang belum teruji di pasar komersial di tengah tren desain unibodi yang diusung oleh smartphone flagship para rival beratnya.

4) Samsung Galaxy S7

Walaupun bukan smartphone pertama dengan Snapdragon 820 dan tidak meraih penghargaan apapun di ajang Mobile World Congress (MWC) 2016 namun kehadiran smartphone flagship dari produsen smartphone nomor 1 dunia saat ini selalu menarik perhatian jutaan orang di dunia setiap tahunnya. Smartphone flagship yang tidak pernah telat masuk secara resmi ke Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini tersedia dalam 2 versi chipset berbeda, yakni Snapdragon 820 dan Exynos 8890 Octa. Versi smartphone rival utama iPhone yang akan tersedia secara resmi di Indonesia ini adalah versi yang menggunakan chipset Exynos 8890 Octa.

5) Xiaomi Mi 5

Produsen smartphone nomor 1 di Tiongkok dan nomor 5 di dunia ini menyebut smartphone barunya dengan chipset Snapdragon 820 ini sebagai flagship premiere karena sebelumnya mereka telah menyebut Mi 4i (dan variannya) sebagai flagship meski smartphone tersebut hanya dilengkapi dengan spesifikasi kelas menengah. Dipasarkan dengan 3 varian kapasitas internal di mana banderol harga termurahnya RMB1999 atau sekitar Rp4 jutaan, smartphone ini secara mengejutkan direncanakan akan hadir secara resmi di Indonesia pada penghujung tahun 2016. Mengejutkan karena sejak pertama kali masuk Indonesia hingga saat ini, Xiaomi belum pernah sekalipun menjual produknya yang memiliki banderol harga di atas Rp3 juta secara resmi meski di negara asalnya tersedia banyak pilihan smartphone dengan banderol harga di atas Rp3 juta.

image via stiri-telefoane.mobilissimo.ro

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
5 Years in IT Retailer, Startup owner, Gadget Enthusiast, Social Media Professional, Wordsmith, Amateur Jester.