Beranda Berita

50 Juta Akun Dibobol Hacker, Facebook Cepat Berbenah

9
0

Hampir 50 juta akun Facebook dilaporkan berhasil disusupi oleh peretas yang kemudian mengambil alih akun pengguna, Facebook mengungkapkan kabar mengejutkan ini pada hari Jumat.

“Saya senang kami menemukan ini dan memperbaiki kerentanannya,” kata Mark Zuckerberg pada konferensi pers dengan wartawan pada Jumat pagi. “Tapi itu sudah barang tentu merupakan masalah dan akan menjadi fokus kami secepatnya.”

Mengakui bahwa kebocoran ini bukan insiden kecil karena melibatkan jutaan orang, Facebook mengatakan tidak memiliki informasi tentang siapa yang bertanggung jawab, apa niat mereka, atau informasi akun mana yang diserang secara khusus. “Karena kami baru saja memulai penyelidikan kami, kami belum menentukan akun mana saja yang kena dan informasi apa yang terkena dampaknya.”

Sementara itu, untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan, Facebook telah mereset token akses pada semua akun pengguna yant terkena dampak, di antaranya sebanyak 40 juta akun lainnya akan meminta otentikasi ulang kepada pemilik akun.

Siapa pun yang terkena dampak penyetelan ulang di atas, harus masuk kembali ke Facebook baik via aplikasi ataupun desktop. Setelah masuk kembali, pengguna yang terkena dampak akan melihat pemberitahuan di bagian atas News Feed yang memperingatkan mereka tentang insiden tersebut. Facebook juga telah menonaktifkan fitur “Lihat Sebagai” sebagai salah satu langkah peninjauan keamanan.

Tahun 2018 ini menjadi tahun yang penuh tantangan bagi Facebook, pasca skandal berbagi data Cambridge Analytica di bulan Maret yang berbuntut pada pemanggilan Mark Zuckerberg oleh anggota parlemen Amerika Serikat.

Facebook mendapatkan sorotan tajam menyusul berhembusnya kabar penyalahgunaan media sosial tersebut oleh orang Rusia untuk mempengaruhi pemilu di negara barat termasuk pemilihan presiden AS 2016 lalu.

Topik Hot Lainnya:   Meizu Hadir di Indonesia dengan m2 note

via Cnet.com
WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

thirteen − 2 =