Beranda Aplikasi

6 Cara WeChat Menjamin Privasi & Kenyamanan Pengguna

358
0

Dengan pertumbuhan jumlah pengguna di Indonesia dari tahun 2013 hingga 2014 mencapai 895% dan 468 juta pengguna aktif bulanan dari seluruh dunia, WeChat mengklaim berkomitmen mereka menjaga privasi dan kenyamanan penggunanya. Saat ini WeChat mendapatkan “Certified Privacy Seal” yang merupakan sertifikasi proteksi maksimum untuk keamanan informasi pengguna dari TRUSTe, sebuah perusahaan data privacy management (DPM) dunia.

WeChat-Rapid-Indo-GG

Untuk memperoleh sertifikasi tersebut, WeChat setidaknya telah melakukan 6 hal berikut :

1) Menjaga nomor ponsel tetap tidak diketahui lawan bicara
Dengan WeChat, Gadgeteers bisa lakukan panggilan suara atau video gratis tapi mereka tidak akan tampilkan nomor ponsel kita ke lawan bicara kita.

2) Meniadakan notifikasi/konfirmasi jika pesan telah dibaca
Saat WhatsApp mengumumkan 2 centang biru sebagai notifikasi/konfirmasi jika pesan telah terbaca, publik langsung heboh dan artikel tentang bagaimana cara menonaktifkan centang biru tersebut pun sangat menarik perhatian.

3) Memungkinkan pengguna atur siapa dan kapan seseorang dapat menghubunginya
Dengan WeChat, Gadgeteers bisa men-tap “Me” > “Settings” > “Privacy” untuk mengubah pengaturan pada “Friend Confirmation”. Fitur ini akan mengharuskan orang lain untuk membuat permintaan teman terlebih dahulu sebelum orang tersebut bisa chat dengan Gadgeteers. Dalam tab “Privacy” Gadgeteers juga bisa menonaktifkan pilihan, “Find Me” di mana Gadgeteers bisa menentukan apakah ingin ditemukan dengan ID WeChat atau nomor ponsel.

4) Memberi pengguna pilihan untuk mengaktifkan layanan berbasis lokasi
Gadgeteers dapat memilih untuk mengaktifkan atau menonaktifkan layanan penentu lokasi pada WeChat dengan cara mengakses menu “Pengaturan Lokasi” pada ponselmu. Jika dinonaktifkan, Gadgeteers tidak bisa ditemukan melalui fitur khusus seperti “Friend Radar”, “People Nearby” dan “Private Group Chat”.

5) Memudahkan pengguna memblok pengguna yang tidak diinginkan
Jika sudah tidak ingin chat dengan seseorang di WeChat, Gadgeteers dapat memblok dengan cara men-tap kontak orang yang ingin diblok > tekan tanda “…” di pojok kanan atas > lalu slide pilihan “Block” ke kanan untuk mengaktifkan. Sekarang Gadgeteers tidak akan menerima pesan dari kontak yang sudah diblok.

Topik Hot Lainnya:   WeChat Perkenalkan Fitur Baru : Sight dan MojiMe

6) Memungkinkan pengguna atur tingkat privasi “Moment”
Moment di WeChat memiliki fitur di mana Gadgeteers bisa menentukan kepada siapa kita mau berbagi foto, tautan atau video di Moment. Pada tab “Privacy”, Gadgeteers dapat memilih untuk membagi Moment secara “Public” atau “Private”. Gadgeteers juga dapat memilih untuk membagi Moment pada grup tertentu.