Beranda Analisa

Adu Cepat Note 5 vs LG G4 vs OnePlus Two, Siapa yang Menang?

2
0

Setiap tahun, tiap produsen smartphone akan selalu berlomba dalam mengeluarkan smartphone flagship mereka untuk menunjukkan sejauh mana perkembangan teknologi yang sudah mereka capai. Sejauh ini di tahun 2015, kita sudah melihat LG G4, OnePlus Two, dan yang baru-baru ini diluncurkan adalah Samsung Galaxy Note 5.

Ketiga smartphone canggih tersebut tentunya dilengkapi dengan hardware yang berbeda namun tidak bisa dianggap remeh. LG G4 menggunakan Snapdragon 808 dan OnePlus Two menggunakan Snapdragon 810, sedangkan Samsung menggunakan processor buatan mereka sendiri, yaitu Exynos 7420.

oneplus 2Dengan adanya perbedaan di ketiga processor itu, Gadgeteers pasti penasaran, smartphone mana yang memberikan performa yang paling baik dalam hal kecepatan? Salah satu channel tekno di Youtube, PhoneBuff, mencoba menjawab hal itu. Mereka melakukan tes yang sama kepada ketiga flagship tersebut.

LG.com
LG.com

Metode PhoneBuff melakukan tes ini adalah dengan menggunakan timer dan menjalankan aplikasi-aplikasi tertentu secara berurutan, seperti membuka kamera, menjalankan game, dan membuka artikel di internet, lalu mengulanginya sekali lagi (ketika semua aplikasi sudah terbuka) agar performa dalam multitasking juga masuk dalam hitungan.

Hasilnya tidak terlalu mengejutkan karena Galaxy Note 5 “menang” dalam kecepatan membuka aplikasi dan jauh meninggalkan kedua device lainnya. Tetapi dalam hal multitasking, sekali lagi kelemahan Samsung terlihat. Note 5 harus sedikit menunggu dalam menjalankan aplikasi yang sebelumnya sudah dibuka, sedangkan LG G4 dan OnePlus Two bisa menjalankannya dengan cepat. Di akhir tes, Note 5 menyelesaikan tes itu dalam 1 menit 37 detik dan lebih cepat 1 detik dari G4 dan lebih cepat 9 detik dari OnePlus Two.

twitter.com/evleaks
twitter.com/evleaks

Tes ini sedikit menunjukkan hal yang aneh karena OnePlus Two tetap tertinggal oleh kedua flagship lainnya. Secara teori, performa OnePlus Two akan meninggalkan LG G4 karena processor OnePlus Two yang lebih canggih dan resolusi layarnya yang lebih kecil. Memang seringkali spesifikasi yang tertulis di atas kertas tidak bisa menjamin performa dari sebuah device, sehingga tes yang dilakukan dalam penggunaan nyata tetap diperlukan.

Topik Hot Lainnya:   Jelang Peluncuran Flagship Terbaru, Xiaomi Rilis Video Teaser

Dalam memilih sebuah smartphone, tentunya bukan performa saja yang harus diperhatikan. Harga, desain, dan fitur, menjadi faktor penting lainnya yang wajib dipertimbangkan, seperti Note 5 dengan S Pen-nya, G4 dengan kameranya, dan OnePlus Two dengan harganya yang lebih murah dibanding yang lain. Tetapi kalau kita hanya membicarakan performa, video ini wajib untuk ditonton.

via Ubergizmo.com
diedit oleh WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one + sixteen =