Beranda Berita

Akhirnya! Apple Perkenalkan iPhone 6s, iPhone 6s Plus dan iPad Pro

1
0

Event yang diadakan oleh Apple semalam waktu Indonesia Apple mengumumkan beberapa produk mereka sekaligus, seperti Apple TV yang baru, strap baru untuk Apple Watch, iPad yang memiliki ukuran besar (12.9 inci) bernama iPad Pro, dan tentu saja iPhone yang memang menjadi bintang di event ini.

Saat ini, iPad Pro memiliki ukuran layar yang paling besar untuk device yang menggunakan iOS. Dengan ukuran seperti itu, Apple memanfaatkan banyak keuntungan yang bisa digunakan untuk menambah fitur yang sulit diikuti perangkat lain dengan ukuran yang lebih kecil, seperti menambahkan stylus. Ya, stylus. Alat yang dulunya dianggap suatu kegagalan oleh Steve Jobs, kali ini diandalkan oleh Apple sebagai fitur andalannya untuk menggambar di dalam iPad Pro.

10004

Stylus ini bernama Apple Pencil dan dibanderol $99 sekitar Rp1,4 juta. Selain itu, pengguna iPad Pro juga bisa menambahkan Smart Keyboard untuk pengalaman mengetik yang lebih baik. Keyboard seharga $169 atau sekitar Rp2,4 juta ini langsung mengingatkan kita pada keyboard yang sudah lebih dulu dimiliki oleh Microsoft Surface. Selain memperkenalkan iPad Pro, Apple juga menyisipkan iPad mini 4 di acara ini, tetapi tidak banyak berbeda dengan iPad mini sebelumnya.

Selain fitur-fitur yang bisa ditambahakan tersebut, niat Apple untuk menjadikan iPad Pro sebagai pengganti laptop tidak main-main, hal itu terlihat dari spesifikasi yang diberikan. iPad Pro menggunakan chip A9X yang 1.8x lebih cepat dari A8X dan Apple mengklaim kalau chip terbaru ini memiliki performa yang lebih cepat dari 80% laptop yang ada di pasaran dalam 6 bulan terakhir.

iPad Pro juga memiliki 4 speaker yang bisa menyesuaikan settingannya tergantung cara kita memegangnya. Selain itu, baterainya memiliki daya tahan hingga 10 jam dan mempunyai layar dengan jumlah 5.6juta pixel di dalamnya. Dan terakhir, agar pengalaman pengguna iPad Pro bisa semakin mendekati pengalaman menggunakan laptop, Apple bekerja sama dengan Microsoft dan Adobe untuk membuat aplikasi yang terfokus pada iPad Pro.

Topik Hot Lainnya:   Spesifikasi PC yang Dibutuhkan untuk Memainkan Battlefield V Dirilis

Dengan spesifikasi dan fitur yang disediakan, tentunya harga yang dibanderol juga tidak akan murah, seperti harga device Apple pada umumnya. iPad Pro 32GB dibanderol $799 dan versi 128GB dibanderol $949 dengan opsi penambahan $130 untuk mendapatkan jaringan LTE. iPad Pro akan tersedia pada bulan November dengan warna silver, gold, dan space grey.

10005

Dalam acara utama kemarin malam, tentunya hal yang paling ditunggu oleh penonton adalah penampakan dari iPhone yang terbaru, yaitu iPhone 6S dan 6S Plus. Dimulai dari desainnya, Apple sudah menawarkan hal yang baru dengan menggunakan custom aluminium alloy sebagai bahan utama. iPhone 6S (dan 6S Plus) memiliki pilihan warna silver, gold, space grey, dan rose gold. Dari sisi fitur pun Apple tidak mengecewakan penggemarnya dengan menampilkan banyak update pada iPhone terbaru ini.

10001

iPhone terbaru ini memiliki fitur bernama 3D Touch. Fitur ini memberikan kemampuan para pengguna untuk sekedar “mengintip”, atau “membuka” suatu aplikasi dengan membedakan tekanan pada sentuhan. Dengan fitur ini, Gadgeteers bisa melihat preview dari suatu aplikasi seperti chat atau email tanpa menutup aplikasi yang sekarang sedang dijalankan.

10002

Selain fitur itu, tidak banyak yang ditawarkan oleh Apple kecuali isi dari hardware di dalamnya yang mendapat upgrade yang cukup signifikan. Untuk ukuran layar, sepertinya Apple memang tidak akan melakukan perubahan seperti peluncuran iPhone 6 kemarin.

iPhone 6S dan 6S Plus masih memiliki ukuran yang sama dengan pendahulunya, yaitu 4,7 inci untuk 6S dan 5,5 inci untuk 6S Plus. Tetapi untuk bahan yang digunakan untuk kacanya, kedua ponsel ini menggunakan Ion-X, seperti yang digunakan untuk Apple Watch Sport. Prosessor juga mendapatkan peningkatan dengan menggunakan chip A9 yang 70% lebih cepat dalam memproses program dan 90% lebih cepat dalam memproses grafis.

Topik Hot Lainnya:   Xiaomi Mi 4i Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Keunggulan dan Harganya

Perubahan yang paling terlihat dalam iPhone kali ini adalah resolusi kameranya yang dinamakan iSight dan memiliki resolusi 12MP. Dengan resolusi seperti ini, akhirnya Apple memberikan fitur perekaman video dengan resolusi 4K. Kamera depannya memiliki resolusi 5MP dengan Retina Flash, yang diklaim 3X lebih terang dari flash biasa.

10003

Bagaimana dengan harganya? Tentu saja hal yang sering membuat para calon pembeli batal untuk meminang iPhone adalah harganya. Apple hanya menjelaskan harga yang dibanderol dengan paket kontrak selama 2 tahun (sistem yang biasa digunakan di luar negeri).

Harga yang termurah adalah $199 untuk kapasitas 16GB sampai $399 untuk kapasitas 128GB. Untuk saat ini, belum ada keterangan resmi soal harganya yang bisa didapatkan tanpa menggunakan kontrak. Walaupun iOS 9 sudah bisa di-download pada 16 September, iPhone 6S dan 6S Plus baru akan tersedia di pasaran pada 25 September untuk beberapa negara. Bagaimana dengan Indonesia? Seperti biasa, kita harus menunggu lebih lama untuk merasakan produk Apple yang terbaru.

via Theverge.com dan Technobuffalo.com
diedit oleh WN