Beranda Berita

Akhirnya Huawei P9 Masuk Indonesia. Kenapa Telat?

8
0

“Kami sangat bangga karena pada akhirnya Huawei P9 kini hadir di Indonesia dan tidak sabar untuk memperlihatkan kemampuan dari smartphone ini,” ujar Johnson Ma Country Director Huawei Devices Indonesia saat acara peluncuran Huawei P9 di Jakarta (8/12) yang dirangkaikan dengan ajang pameran busana “I Fashion Festival” dari MNC Fashion. 

Huawei Indonesia telah membuka pre-order P9 seharga Rp6.999.000 tersebut hampir 2 minggu sebelum acara peluncuran yakni pada 28 November hingga 3 Desember 2016. “Pre-order Huawei P9 di beberapa situs online shop langsung sold out pada hari pertama, mereka bahkan meminta kuota tambahan namun memang belum tersedia lebih,” kata Nuramin selaku Product Manager Huawei Indonesia.

Huawei P9

Smartphone flagship dari Huawei ini sebenarnya telah diluncurkan secara global pada April 2016 silam dan dipamerkan di Bali pada Mei 2016 saat Annual Huawei Mobile Indonesia Conference. Sayangnya setelah acara tersebut smartphone yang masuk ke pasar Indonesia bukan P9 namun P9 Lite yang berspesifikasi lebih rendah dan baru 7-8 bulan kemudian Huawei dapat menjual P9 di Indonesia.

Aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) disebut Huawei jadi penyebab lamanya P9 masuk Indonesia. Untuk memenuhi TKDN itu, Huawei harus merakit P9 di Indonesia, dan hal itu membutuhkan waktu karena mereka harus mentransfer teknologi perakitannya ke mitranya di Indonesia. Selain teknologi perakitan, mereka mengaku juga harus menjaga kualitas produknya yang dirakit secara lokal itu.

foto-2

“Jadi Ponsel ini (P9) terbuat dari logam utuh (unibodi) dan tipis, jadi kami harus melatih mitra kami untuk proses perakitannya. Setelahnya pun masih harus dilakukan kontrol kualitas untuk memenuhi standar. Itulah yang membikin delay,” ujar Henry Hsu, COO Consumer Business Group Huawei South Pacific dalam konferensi pers setelah peluncuran P9 di Jakarta, Kamis (8/12/2016).

Topik Hot Lainnya:   BlackBerry Motion Diperkenalkan, Membawa Baterai 4000mAh dan Anti Air

Namun menurut Hsu, proses ini hanya perlu dilakukan satu kali. Jadi ke depannya, mitra Huawei itu tak membutuhkan waktu lama untuk merakit smartphone flagship produsen asal Tiongkok itu. Mitra manufaktur Huawei di Indonesia adalah PT Panggung Electric Citrabuana, yang mempunyai pabrik di Surabaya, Jawa Timur. Dan saat ini, semua ponsel 4G Huawei termasuk P9 dan P9 Lite sudah dirakit di pabrik tersebut.

huawei-p9-indo-gg

Pada acara yang sama Huawei dengan tegas menyampaikan bahwa P9 Plus tidak akan mereka jual di Indonesia. “Singkat saja, P9 Plus tak akan masuk Indonesia,” ujar Nuramin, Senior Product Manager Huawei Mobile Indonesia. Alasan Huawei tak meluncurkan P9 Plus itu kemudian dijelaskan oleh Henry Hsu. Menurutnya P9 Plus tak akan dirilis di Indonesia karena mereka akan fokus pada penerusnya.

“Ponsel penerusnya akan hadir dalam waktu sangat dekat, jadi kami akan fokus pada ponsel itu saja,” tambah Henry Hsu. Sayangnya Henry enggan membocorkan smartphone penerus P9 yang akan segera dirilis tersebut. Ia hanya memastikan smartphone itu akan bisa cepat masuk ke Indonesia. Sebagai informasi, rumor mengenai penerus Huawei P9 yang ramai disebut sebagai “P10” belakangan mulai banyak beredar di dunia maya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eight + eight =