Beranda Berita

Akibat Quadrooter, 900 Juta Smartphone Android Rentan Diserang Hacker

3
0

Celah keamanan baru telah ditemukan di smartphone dan tablet yang ditenagai sistem operasi Android, menyebabkan lebih dari 900 juta perangkat rentan terhadap serangan peretas. Kerentanan yang ditemukan di perangkat yang ditenagai chip Qualcomm berpotensi memberi jalan kepada hacker untuk mengontrol penuh perangkat tanpa disadari. Para peneliti di perusahaan keamanan Check Point menyebut kerentanan ini dengan nama “Quadrooter.”

Kerentanan dijelaskan secara rinci oleh peneliti keamanan ponsel Check Point, Adam Donenfeld pada konferensi keamanan Def Con kemarin.

Screenshot_20160808-101005-624x351

Peretas akan melancarkan aksi tipuan melalui aplikasi berbahaya yang tidak memerlukan izin khusus. Itulah salah satu alasan mengapa pengguna Android harus tetap mengunduh aplikasi dari Google Play Store. Pasalnya, para peretas kerap menawarkan versi tidak resmi yang ditunggangi malware berbahaya.

Setelah aplikasi terinstal, penyerang mendapatkan akses root dan seketika memperoleh akses ke semua data pada perangkat yang terkena dampak dan bahkan mengakses mikrofon dan kamera. Perangkat yang terpengaruh oleh serangan disebutkan, termasuk Galaxy S7, HTC 10 dan One M9, Nexus 6 dan Nexus 6P, Nexus 5X, dan bahkan DTEK50 dari BlackBerry yang diklaim paling aman.

Qualcomm mengatakan bahwa mereka telah bekerja menutup celah kerentanan dan mengirim tambalan untuk mitra dan komunitas open source sampai akhir bulan lalu. Pabrikan perangkat dapat secepatnya meluncurkan update ini dalam beberapa hari atau minggu ke depan. Sementara Google menjanjikan tambalan pada update bulan September mendatang.

via PhoneArena.com

WN

Topik Hot Lainnya:   [REVIEW] Jawab Tantangan Anak Presiden, Kaesang di Game Kuis Iseng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

thirteen − twelve =