Beranda Berita

Alasan Apple Hilangkan Lubang Earphone iPhone 7

897
0

Kedua iPhone 7 dan iPhone 7 Plus memang cukup membuat banyak orang ngebet ingin memilikinya. Selain spesifikasinya yang mumpuni, desainnya yang elegan, ponsel ini pun menawarkan kemewahan bagi penggunanya. Namun, di balik semua hal positif tersebut, ada satu hal yang mungkin Gadgeteers pertanyakan, ke mana lubang earphone pada iPhone 7 dan iPhone 7 Plus? Apa alasan dibalik hilangnya lubang earphone tersebut?

Hilangnya lubang earphone atau jack audio 3.5mm ini tentunya memberikan kesulitan, khususnya bagi mereka yang hendak menghubungkan seri iPhone 7 ini dengan perangkat audio lainnya. Apple sendiri mengakui bahwa keputusan ini merupakan keputusan yang berat dan butuh keberanian untuk melakukannya.

apple-h11

Menariknya, hilangnya jack audio 3.5mm ini dikarenakan hadirnya kamera baru dan berkualitas lebih baik di dalam seri iPhone 7 tersebut. Kamera yang digunakan pada seri iPhone 7  tersebut lebih besar. Alasan mengapa kameranya menjadi lebih besar karena terdapat tambahan berupa optical image stabilization. Melihat hal tersebut, Apple pun berusaha untuk memasukkan hardware ini ke dalam komponen utama lainnya. Lalu hadirlah sebuah komponen yang dikenal driver ledge, yakni sebuah papan sirkuit kecil untuk mengontrol backlight dan display dari iPhone. Biasanya, papan ini ditempatkan di bagian atas smartphone, jauh dari lokasi baterai, tetapi khusus untuk seri iPhone 7 ini papan tersebut harus dipindahkan.

Tim pengembang melihat lokasi terbaik untuk menempatkannya berada di bagian bawah ponsel. Namun ternyata ada satu kendala, yakni posisi tersebut terhalang oleh jack audio 3.5mm. Berpikir out of the box, tim pengembang mencoba menghilangkannya dan melihat apa yang terjadi. Ternyata menghilangkan jack audio ini justru malah menguntungkan beberapa komponen lain karena taptic engine menjadi lebih mudah dipasang.

Topik Hot Lainnya:   Gionee Elife S5.5 : Ponsel Tertipis Dunia 2014?

iphone_headphone_mainpastemagazine.com

Tim pun menyadari, bahwa dengan hilangnya jack audio 3.5mm ini, kapasitas besar baterai dapat ditambahkan. Terlihat untuk iPhone 7 mendapat daya tahan lebih besar 14% dari pada iPhone 6s, sedangkan iPhone 7 Plus 5%. Selain hal itu, dengan hilangnya jack audio 3.5mm ini pun, hambatan menuju ponsel tahan air menjadi lebih ringan.

Walaupun lubang earphone di seri iPhone 7 tersebut hilang, Apple tetap menyertakan sebuah adapter yang dapat digunakan untuk menghubungkan headset atau earphone yang ada ke lightning port. Selain itu, ada pula earphone Bluetooth. Namun memang, untuk harganya sendiri akan lebih mahal dan tidak sembarangan orang memilikinya.

via PhoneArena.com
featured image via newsweek.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × 2 =