Beranda Berita

Algoritma Terbaru Google Play Pangkas Konsumsi Data Hingga 50%

135
0

Tidak bisa dipungkiri, sekarang ini pengguna Android sudah sangatlah banyak. Terbukti dengan tercatatnya ada sekitar 65 milyar aplikasi dari Google Play Store yang terinstall di tahun 2015 kemarin. Hal tersebut pun membuat banyak pengembang aplikasi melakukan update lebih sering untuk tetap membuat aplikasi mereka up to date, entah dari fiturnya, maupun keamanannya.

Melihat hal itu, Google pun kemarin, Jumat, 23 Juli 2016, menghadirkan delta algoritma terbaru. Dikenal dengan bsdiff, delta algoritma terbaru tersebut dapat mengurangi ukuran file patch sampai 50% bila dibandingkan dengan algoritma sebelumnya.

Google mengatakan, diperkirakan ada sekitar 98% update dari Google Play Store yang biasanya diunduh dan disatukan bersama file aplikasi yang sudah ada. Keduanya lalu direduksi dan kemudian terdapatlah data yang terunduh. Tentunya bila Gadgeteers perhatikan dengan seksama, cara tersebut tidaklah efisien.

Delta algoritma terbaru bsdiff ini menghasilkan cara yang efisien sehingga dapat memangkas file patch dari aplikasi atau game yang ada di Google Play Store. Sebagai gambaran Google pun memberikan contoh pada aplikasi Chrome miliknya.

Bsdiff sizeandroid-developers.blogspot.co.id

Berdasarkan dari gambar di atas, terlihat bahwa file data dengan delta algoritma bsdiff baru memiliki ukuran yang lebih kecil.

Algoritma bsdiff ini pun dapat digunakan pada file berekstensi APK yang memungkinkan Gadgeteers menggunakan tambahan file hingga 2 GB untuk aplikasi dan game. Bila dirata-ratakan pembaruan ini dapat memangkas unduhan sekitar 12% dan update sekitar 65%.

Bsdiffandroid-developers.blogspot.co.id

Terakhir, sekarang Google pun lebih memberikan kejelasan informasi tentang ukuran dan data yang digunakan yang harus di-download pada suatu aplikasi di Play Store mereka. Artinya, bila Gadgeteers sudah memiliki aplikasi tersebut dan terdapat update. Yang terlihat di informasi aplikasi tersebut hanyalah size update-nya saja, tidak seperti sebelumnya. Keseluruhan size file APK-nya yang diperlihatkan.

Topik Hot Lainnya:   [REVIEW] Poles Instagram Jadi Lebih Menarik dengan Instagrid

via android-developers.blogspot.co.id

featured image via play.google.com

WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × 5 =