Beranda Berita

Alibaba Resmi Akuisisi Lazada

17
0

Salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Asia Tenggara yang sudah beroperasi di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam yaitu Lazada kini sudah resmi diakusisi oleh Alibaba Group Holding.

Perusahaan asal Tiongkok tersebut akan membayar saham Lazada senilai 500 Juta US Dollar dan sekitar 500 Juta US Dollar lagi untuk yang lainnya. Dengan begitu Alibaba harus mengeluarkan sekitar 1 Millar US Dollar atau sekitar Rp13 Triliun.

Alibaba-Beli-Lazadagadgetren.com

Menurut keterangan Alibaba, sejumlah investor Lazada yang menjual sahamnya kepada Alibaba yaitu inkubator teknologi Jerman Rocket Internet AG dengan saham 44% senilai 137 Juta US Dollar, operator supermarket Inggris Tesco PLC dengan saham 8,6% senilai 129 Juta US Dollar, dan lembaga investasi Swedia Investment AB Kinnevik dengan saham 3,8% senilai 57 Juta US Dollar. Dana yang ditanamkan oleh Alibaba sendiri kepada Lazada disebutkan mencapai 1,5 Milliar US Dollar.

Alibaba melihat peluang dari enam negara Asia Tenggara yang telah disambangi oleh Lazada tersebut, selain itu banyak yang memprediksikan juga bahwa e-commerce di kawasan Asia Tenggara memiliki potensi pertumbuhan yang cukup tinggi karena penjualan online di kawasan itu baru mencapai 3 persen saja. Sehingga diperkirakan Alibaba akan dapat tumbuh dengan baik di pasar Asia Tenggara setelah mengakuisisi Lazada. Dengan investasi dari Lazada, Alibaba kini mendapatkan akses ke platform dengan basis konsumen besar dan berkembang di luar Tiongkok.

Seperti yang Gadgeteers tahu, di Indonesia sendiri. Lazada bersaing dengan beberapa perusahaan e-commerce lainnya seperti Tokopedia dan MatahariMall.com.

via CNNIndonesia.com
featured image via cargofactsasia.com
diedit oleh WN

Topik Hot Lainnya:   Samsung Indonesia Jual Galaxy On7 Hanya di 8 Situs Belanja Daring

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

14 + 8 =