Beranda Berita

AMD Hadirkan Ryzen, Sajikan Dunia Komputerisasi ke Ranah Baru

7
0

AMD secara resmi memperkenalkan brand terbarunya yakni Ryzen. Prosesor terbaru dari AMD ini merupakan lanjutan dari generasi sebelumnya yang dikenal dengan Zen. Disebutkan, Ryzen ini akan menggantikan prosesor desktop AMD yang dikenal memiliki performa tinggi yakni dengan 8 core, 16 thread, dan base clock 3,4GHz.

rzen-and-intelfudzilla.com

Diperlihatkan pada acara yang bertajuk New Horizon, AMD Ryzen dapat menyaingi prosesor milik Intel yakni i7-6900K. Sekedar informasi, prosesor Intel Core i7-6900K ini termasuk ke dalam kelas enthusiast. Prosesor milik AMD, Ryzen ini menggunakan teknologi multi-threading (SMT), yang memungkinkan ke-16 thread miliknya dapat bekerja lebih optimal.

Setiap core pada Ryzen dikatakan memiliki 512KB private L2 cache. Yang artinya dalam satu CPU Complex (CCX) yang terdiri dari empat core akan memiliki 2MB L2 cache dan 8MB L3 cache. Sementara dalam sistem konfigurasi 8 core milik AMD ini artinya terdapat dua CPU Complex (CCX) dalam satu prosesor, yang akhirnya menghadirkan total 4MB L2 cache dan 16MB L3 cache.

Ryzen sendiri akan bertengger pada socket terbaru AMD yakni AM4 yang sudah mendukung RAM DDR4. Sementara itu, motherboard socket AM4 ini sendiri telah mendukung PCIe 3.0, USB 3.1 Gen2, NVMe Storage, dan SATA Express.

small_amd-ryzen-details-2hothardware.com

Dengan hadirnya Ryzen ini. Tentunya pesaing terdekatnya yakni Intel akan tersulut api cemburu. Pasalnya prosesor AMD terbarunya ini mampu mengalahkan prosesor milik Intel Core i7-6900K pada tes transcoding yang menggunakan aplikasi HandBrake yakni dengan score tipis 54 detik berbanding 59 detik.

Prosesor milik AMD ini tidak seperti prosesor sebelum-sebelumnya yang sepertinya hanya versi optimalisasi saja. Ryzen hadir dengan arsitektur baru dan mulai kembali bersaing ketat dengan kompetitor terdekatnya Intel.

Topik Hot Lainnya:   Meski Lebih Murah, Skor AnTuTu Benchmark Oppo A83 Lebih Tinggi Dari F5 Youth

Dikabarkan, Ryzen sendiri akan mulai hadir pada tahun 2017 mendatang. Sampai saat ini, AMD enggan memberi tahu berapa harga yang dibanderol untuk prosesor Ryzen terbarunya tersebut.

via AMD.com,  PC World.com, Zdnet.com
featured image via techreport.com

WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seventeen − 14 =