Beranda Berita

Android 9.0 Pie Resmi Debut, Pixel dan Essential Phone Jadi yang Pertama

2
0

Setelah berbulan-bulan melang-lang buanga di fase beta, Android P akhirnya resmi digulirkan dengan nama Android Pie. Hal ini meleset sangat jauh dari spekulasi yang berkembang selama ini, bahwa Android P bakal dinamai Pistachio Ice Cream. Selanjutnya, jika Gadgeteers adalah pemilik smartphone Pixel atau Essential, mestinya merasa bahagia, pasalnya pembaruan ini akan sampai ke perangkat tersebut hari ini juga.

Pembaruan yang diboyong oleh Android Pie terbilang besar, di mana Google menghadirkan sistem navigasi baru yang berfokus pada gesture. Pemilik perangkat dapat swipe tombol home baru untuk melihat Ikhtisar yang akan menampilkan layar penuh berisikan aplikasi yang sedang berjalan. Di ponsel Pixel, pengguna bahkan memilih teks dari aplikasi yang berada di Ikhtisar.

Penyegaran juga dihadirkan di menu pengaturan cepat, tool yang lebih baik untuk mengambil screenshot, dan pengelolaan notifikasi yang lebih baik. Fitur Baterai Adaptif baru juga datang untuk membantu pengguna melihat aplikasi yang paling sering digunakan, lalu memprioritaskan pasokan daya untuknya. Selain itu, ada juga kemampuan Kecerahan Adaptif yang mampu belajar mengenali tingkat kecerahan yang paling pas untuk pemilik perangkat.

Dalam hal kinerja, Android 9.0 Pie juga menghadirkan fitur baru untuk membantu pengguna menyelesaikan berbagai hal lebih cepat dari versi yang lebih lawas. Fitur App Actions memiliki kemampuan untuk memprediksi apa yang ingin dilakukan selanjutnya berdasarkan konteks. Misalnya, Gadgeteers terbiasa menjalankan Google Maps kemudian berpindah ke Note. Aplikasi akan mengenali pola ini dan memberikan saran sebelum disadari.

Topik Hot Lainnya:   Mastel Hadirkan Fitur Pelaporan Berita Hoax via Android dan iOS

Android Pie juga akan menggulirkan Slices di pembaruan berikutnya. Ini adalah fitur yang menampilkan info yang relevan dari aplikasi. Misalnya, Gadgeteers mencapi informasi tentang Grab di Google, maka Slice akan juga akan menampilkan informasi jarak tempuh dan tarif tanpa harus membuka aplikasi Grab.

Belum ada kabar kapan perangkat lain akan mulai menerima pembaruan Android Pie. Tetapi, beberapa perangkat seperti OnePlus 6, Nokia 7 Plus, dan Xiaomi Mi MIX 2S, kemungkinan bakal masuk dalam gelombang berikutnya setelah Pixel dan Essential Phone.

via Google.com
WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × four =