Beranda Berita

Resmi Diperkenalkan, Android M Membawa 6 Aspek Penting, Apa Saja?

18
0

Google kembali melahirkan sistem operasi Android terbaru, code name dari sistem operasi tersebut adalah Android M. Sama seperti sebelumnya, Android Lollipop yang mempunyai code name L menuai banyak rumor dan tebakan. Lalu apakah kepanjangan dari Android M ini adalah Macadami a Nut Cookie?

ss1

Pada hari kamis kemarin, tanggal 28 Mei 2015. Di acara Google I/O mereka secara resmi memperkenalkan Android M. Sistem operasi terbaru dari Google ini menjanjikan sesuatu yang lebih dari sistem operasi sebelumnya. Perubahan yang terjadi pada Android M ini difokuskan ke dalam enam aspek. Apa saja ke-6 aspek tersebut?

1. Permissions

app permision

Yang pertama adalah permissions atau izin. Di sistem operasi Android M ini mereka lebih menyempurnakan aspek perizinan. Dengan pembaharuan pada aspek ini pengguna sekarang dapat memberikan izin yang berbeda pada satu aplikasi dengan aplikasi lainnya, sebagai contoh adalah ketika Gadgeteers sedang menggunakan WhatsApp dan tiba-tiba menggunakan fitur voice note, sistem akan meminta izin terlebih dahulu apakah penggunanya memperbolehkan aplikasi WhatsApp ini untuk menggunakan microphone atau tidak.

2. Behavior of Web

chrome tab

Pada aspek yang satu ini, browser Google Chrome memiliki fitur terbaru yaitu custom tab, yang memungkinkan aplikasi lain bekerja di atas aplikasi Google Chrome tersebut. Walaupun begitu, semua data seperti password, username, dan cache akan tetap tersedia dalam aplikasi browser tersebut.

3. Handles Web Links

intents_575pxanandtech.com

Seperti yang Gadgeteers tahu, jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter sudah memiliki aplikasi mereka tersendiri. Sekarang ini dengan Android M tautan jejaring sosial tersebut akan otomatis terbuka dalam aplikasinya. Hal tersebut berbeda dengan sebelumnya karena dulu bila kita membuka tautan link tersebut, akan muncul sebuah pilihan apakah Gadgeteers ingin membukanya melalui web atau aplikasi.

Topik Hot Lainnya:   Berbagai Bonus Smartfren Untuk Ramaikan Ramadhan

4 dan 5 Android Pay

android payreadwrite.com

Aspek ke-4 dan ke-5 yang dikembangkan oleh Google dalam Android M ini adalah Android Pay. Sistem mobile payments dari Google yang diperkenalkan pada acara MWC beberapa waktu lalu ini akan mendapat pengamanan yang lebih ketat dengan Android M. Tidak main-main untuk menjaga kerahasiaan akun penggunanya, Google menambahkan fitur sidik jari.

6. Power Usage

Doze_575pxanandtech.com

Tentunya aspek yang terakhir ini merupakan aspek yang pastinya selalu dikembangkan oleh perusahaan manapun. Android M kali ini memiliki fitur terbaru yang Google beri nama dengan Doze. Fitur Doze ini menggunakan motion detection untuk mengetahui apakah ponsel sedang digunakan atau tidak seperti ponsel sedang diletakan di atas meja atau tidak. Lantas untuk apa bila Android mengetahui ponsel tersebut sedang disimpan atau tidak? Nah, bila ternyata ponsel tersebut dalam keadaan idle yang cukup lama, maka secara otomatis sistem akan mengurangi kinerja ponsel yang berdampak pada baterai sehingga baterai menjadi lebih hemat.

via AnadTech.com
featured image via yahoo.com
diedit oleh Winarso