Beranda Berita

Android M Tingkatkan Daya Tahan Baterai Hingga 125%

6
0

Sistem operasi terbaru dari Google, Android M ini memang memiliki beberapa fitur baru yang dapat menarik perhatian Gadgeteers karena menambah daya tahan baterai ponsel. Salah satu fitur tersebut adalah Doze, dengan fitur Doze ponsel akan berada dalam keadaan deep sleep yang artinya ponsel tidak akan banyak menggunakan energi.

Selain itu Android M juga memiliki fitur yang lain, yaitu App Standby. Dengan fitur tersebut ketika ponsel dalam keadaan unplugged aplikasi yang nganggur tidak akan mendapatkan dukungan konektifitas dan sinkronisasi pun akan tertunda untuk sementara waktu.

Tentunya fitur tersebut cocok untuk mereka yang selektif dalam memilih aplikasi mana yang bekerja setiap saat dan aplikasi mana yang sesekali saja digunakan.

tabel

Nah, untuk melihat apakah kedua fitur tersebut bekerja dengan baik atau tidak. Developer dari Android M mengetesnya ke ponsel Nexus 5 yang disuntik dengan sistem operasi terbaru Android M dan disandingkan dengan sistem operasi Android Lollipop 5.1.1  untuk melihat apakah semua itu hanyalah perkiraan kosong atau tidak.

Hasilnya, cukup menggembirakan. Setelah dibiarkan dalam keadaan stand by selama 8 jam, Nexus 5 yang disuntik dengan Android M baru menggunakan 1.5% energi, berbeda dengan Nexus 5 yang menggunakan sistem operasi Android Lollipop 5.1.1 sudah menggunakan 4% energinya.

Lalu setelah penggunaan 24 jam dalam keadaan stand by, sistem operasi Android M memperlihatkan hasil yang cukup memuaskan dengan baru menggunakan 4.5 energinya, hal tersebut berbeda dengan Nexus 5 dengan sistem operasi Android Lollipop 5.1.1 yang sudah menggunakan 12% energinya. Perbedaan yang cukup jauh terlihat setelah pemakaian selama 48 jam, Nexus 5 dengan sistem operasi Android M baru menggunakan 9% dari total keseluruhan energinya, sedangkan Nexus 5 dengan sistem operasi Android Lollipop 5.1.1 sudah menggunakan 24% dari total keseluruhan energinya.

Topik Hot Lainnya:   OnePlus 5 Resmi DIluncurkan dengan Snapdragon 835 dan RAM 8GB!

Pada kenyataannya, ponsel Nexus 5 yang didukung dengan sistem operasi Android Lollipop 5.1.1 tersebut dapat bertahan selama 200 jam, namun dengan sistem operasi Android M ini, Nexus 5 dapat bertahan selama 533 jam. Perbedaan yang cukup jauh dan bisa dibilang luar biasa, kan?

via PhoneArena.com
featured image via latinopost.com
diedit oleh Winarso

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two + nineteen =