Beranda Berita

Android Marshmallow Masih Kalah Populer Ketimbang Lollipop

3
0

Walaupun sudah diluncurkan secara resmi sejak 5 bulan yang lalu, jumlah pengguna sistem operasi Android 6.0 Marshmallow masih berada di angka 2.3% dari seluruh pengguna Android saat ini, naik 1.2% dari bulan Februari lalu. Angka yang kecil ini memang terbilang wajar mengingat OS terbaru dari Android selalu membutuhkan waktu yang lama untuk dibagikan ke para penggunanya.

Berbeda dengan Apple yang “memaksa” pengguna iPhone untuk mengupdate OS mereka, sehingga mayoritas iPhone selalu memiliki OS yang up to date.

Androidauthority.com
Androidauthority.com

Diperkirakan, angka 2.3% tersebut akan terus meningkat drastis seiring dengan para vendor yang mulai mengupdate ponsel mereka, sebut saja Sony yang mulai menggulirkan Marshmallow ke pengguna Xperia Z5. Apalagi, mayoritas ponsel Android yang mulai dijual pada tahun ini juga telah membawa Marshmallow di dalamnya.

Saat ini, Android Lollipop adalah versi yang paling banyak digunakan di Android dengan angka 36.1%, naik dari 34.1% di bulan Februari, melewati KitKat yang sebelumnya masih menduduki peringkat teratas dengan angka 35.5%. Bulan ini, posisi KitKat berada di peringkat kedua dengan jumlah 34.3% pengguna.

Chart Android user

Yang cukup mengejutkan, masih banyak pengguna Android dengan OS Jelly Bean di dalamnya. OS yang sudah diperkenalkan 4 tahun yang lalu ini masih memiliki 22.3% pengguna, turun 1.6% dari bulan sebelumnya. Sedangkan OS seperti Ice Cream Sandwich, Gingerbread, dan Froyo, masih digunakan oleh 2.3, 2.6, dan 0.1% pengguna. Google selalu mengumpulkan data ini tiap 7 hari, dan OS dengan pengguna di bawah 0.1% tidak akan diikutsertakan. Apakah smartphone Gadgeteers sudah menggunakan Marshmallow?

Via Androidauthority.com

Diedit oleh WN

Topik Hot Lainnya:   Apple Resmi Umumkan iPhone XS dan iPhone XS Max

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × one =