Beranda Berita

Android One, Misi Google Membunuh Featured Phone?

6
0

Android One adalah sebuah proyek baru Google yang menjadi salah satu sajian penutup di gelaran I/O 25-26 Juni lalu di San Fransisco. Tentunya di samping pengumuman Android L, Android Auto, Android TV dan smartwatch Android Wear perdana oleh LG dan Samsung.

Orang – orang yang hidup di kota mungkin merasa aneh mengetahui bahwa banyak orang yang ternyata belum menggunakan smartphone. Diperkirakan lebih dari 80 persen populasi di dunia belum menggunakan smartphone dan Google bertujuan untuk memperbaiki kondisi tersebut.

Harga yang terlalu tinggi smartphone menengah ke atas ditengarai menjadi beberapa alasan mengapa banyak orang belum menggunakan perangkat ini. Google nampaknya ingin menjadi yang pertama memerangi “buta” smartphone, salah satunya adalah dengan memperkenalkan Android One dan usaha untuk menyediakan akses internet di daerah – daerah terpencil.

android one_2GSMArena.com

Google pertama – tama akan membuat referensi desain atau model acuan untuk membuat smartphone tersebut. Selanjutnya, model smartphone tersebut dapat diambil dan diproduksi oleh vendor yang menjadi rekanan dalam program ini. Hal ini ditujukan agar smartphone yang ditawarkan ke pengguna tetap berkualitas namun dengan harga yang lebih murah berkat adanya Android One.

Selain itu, perangkat tersebut juga dijamin akan mendapatkan update secara otomatis dan para pabrikan yang ikut serta dalam program ini juga diperkenankan untuk memperkenalkan aplikasi yang mereka inginkan.

Ponsel Android One tersebut akan diluncurkan di kawasan terpencil, terutama di negara – negara berkembang. Produk smartphone yang mengikuti program Android One akan dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau di bawah US$100 (Sekitar Rp1.200.000). Melalui program Android One ini, Google juga berjanji bahwa perangkat – perangkat smartphone yang dijual akan hadir dengan sistem operasi Android versi terbaru pada saat dirilis

Topik Hot Lainnya:   Hore! Xiaomi Boleh Jualan Lagi di India Asal ...

Sampai saat ini setidaknya sudah ada tiga vendor yang bergabung dengan program ini dan siap memperkenalkan smartphone Android One, antara lain Spice, Micromax, dan Karbonn.

Pada akhirnya saat proyek ini berjalan sepenuhnya, featured phone dipastikan kian tertindas dan lambat laun sirna dari peradaban.

Sumber : Techcrunch.com
featured image via GSMArena.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × four =