Beranda Berita

Android 8.0 Oreo Diresmikan, Kapan Bisa Diunduh?

15
0

Akhirnya, setelah menuai banyak pertanyaan yang memancing spekulasi, Google secara resmi memperkenalkan nama asli untuk Android O, OS teranyarnya ke publik dunia. Yang unik, Android Oreo diresmikan tepat dengan munculnya gerhana matahari total Senin kemarin (21/8).

Terpilihnya nama Oreo tentu karena alasan tertentu, namun sejak lama banyak orang sudah menduga nama itu akan menjadi penerus Nougat kendati Google tak bersedia buka suara. Dari namanya, Oreo memang menjadi salah satu kandidat terkuat yang cocok dengan selera camilan manis ala Google. Meskipun menurut kabar, ada beberapa kandidat lain yang juga menjadi alternatif. Seperti Oatmel Cookie, Orange Julios, Orange Sherbert dan bahkan Octopus.

Android Oreo

Nah, setelah resmi, pertanyaan selanjutnya adalah; kapan sistem operasi tersebut bisa dirilis dan pergunakan?

Google belum memberikan tanggal pastinya, namun mereka mengklaim sudah melakukan persiapan optimal, dimulai dengan peluncuran di Android Open Source Project (AOSP). Secara teknis, Android Oreo disebut sudah mulai digodok di sejumlah perangkat yang sesuai tradisi menerima pembaruan pertama. Mereka adalah Nexus 5P, Nexus 6P, Pixel, dan Pixel XL.

Selain itu, pabrikan perangkat seperti HMD Global, Essential, General Mobile, Huawei, HTC, LG, Motorola, Samsung, Sony dan Sharp hampir pasti merilis pembaruan Oreo sebelum akhir tahun 2017. Wujudnya bisa dalam bentuk update melalui OTA atau perangkat baru.

Selain dari sisi tatap muka, Android Oreo menawarkan beberapa peningkatan, antara lain peningkatan efisiensi baterai dan data dengan cara membatasi beban aplikasi di latar. Kemudian ada kanal notifikasi, mode picture-in-picture dan juga peningkatan sektor keamanan. Apa saja fitur yang baru di Android Oreo bisa juga disimak di tautan ini.

via Cnet.com
WN

Topik Hot Lainnya:   [REVIEW] Jangan Lewatkan Satu Pun Pembayaran Dengan Aplikasi SatuBon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 − seven =