Beranda Tips

Mematikan Komputer Setiap Habis Dipakai Bisa Merusak, Fakta atau Mitos?

951
0

Baik buruk sering mematikan komputer adalah salah satu pertanyaan yang paling sering dilontarkan oleh para pengguna komputer, terutama mereka yang pernah mendengarkan mitos bahwa mematikan komputer tiap malam bisa membahayakan komputer.

Sebenarnya, pernyataan ini adalah mitos, karena bila dilakukan dengan benar mematikan laptop tiap malam tidak akan berpengaruh bagi performa komputer tersebut. Bahkan menurut beberapa sumber TI, mematikan komputer tiap malam membawa manfaat, dimana manfaat pertama adalah konsumsi listrik tidak akan terlalu tinggi. Dan pada dasarnya, mematikan atau tidak mematikan komputer tiap malam itu tergantung kebutuhan para pengguna. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa fakta di bawah ini.

worajv.com

Plus dan Minus Mematikan Komputer Setiap Selesai Dipakai

Mungkin banyak orang yang berpendapat bahwa mematikan komputer adalah yang terbaik: ini dia faktanya. Pada sisi baiknya, mematikan komputer tiap malam akan menekan biaya dan konsumsi listrik. Ini terutama karena komputer adalah jenis alat elektronik yang cukup banyak memakan daya listrik, dimana apabila dinyalakan terus tentu biaya operasional (listrik) akan tinggi. manfaat lain adalah kerusakan atau masalah pada sistem komputer bisa ditekan dengan mematikannya tiap malam. Dan tentu saja, dengan sedikitnya masalah pada sistem (hardware dan software), mesin komputer akan lebih tahan lama.

Sayangnya, mematikan listrik tiap malam juga ada sisi buruk atau minusnya; ini mungkin akan membuat Gadgeteers berpikir ulang tentang baik buruk sering mematikan komputer. Pertama, mematikan komputer tiap malam kurang praktis karena pagi harinya harus menyalakannya lagi, dan komputer membutuhkan waktu lama untuk booting.

Walaupun dimatikan, komputer akan terus memakan daya listrik terutama bila kabel-kabelnya tidak dicabut –dan ini artinya listrik yang diserap terbuang sia-sia. Selain itu, ada fitur di komputer yang lebih baik daripada shut down, yaitu hibernate. Hampir sama dengan shut down, komputer tidak bekerja pada stage ini. Namun karena proses booting lebih cepat, hibernate tentu lebih baik.

Topik Hot Lainnya:   Cara Bikin Screenshot di Smartphone Vivo Semua Tipe

Baik dan Buruk Menyalakan Komputer Terus Menerus

Menyalakan komputer terus menerus dan tidak mematikannya juga memiliki sisi baik dan buruk. Pada sisi baiknya, mesin komputer selalu siap setiap saat tanpa harus menunggu untuk proses booting yang lama. Komputer juga bisa bekerja selama Gadgeteers tidur, seperti download, menerima e-mail atau notifikasi, maintenance sistem, dan lain-lain.

Di sisi buruknya, konsumsi listrik dan biaya operasional akan tinggi, dan masalah pada sistem komputer akan lebih besar. Tinggal Gadgeteers yang memutuskan untuk lebih memilih untuk menyalakan atau mematikan komputer setelah membaca baik buruk sering mematikan komputer di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × two =