Beranda Tips

Apa itu Overclocking?

7
0

Bagi Gadgeteers para pengguna computer, pasti tidak asing dengan istilah extreme overcloking. Bagi Gadgeteers yang belum tahu, overclocking adalah pengubahan pengaturan bagaimana chip bekerja pada computer dengan tujuan peningkatan kecepatan proses pada processor dan graphics card.

Teknik overclocking ini tidak bisa dilakukan sembarang orang, karena dibutuhkan pengetahuan tentang komponen computer dan aliran listrik. Selain itu, untuk melakukan teknik overclocking ini biasanya komponen computer yang digunakan harus ditutupi alat khusus yang berguna untuk menjaga agar liquid nitrogen (yang digunakan untuk mendinginkan komponen) tidak tumpah saat dituangkan.

Jika teknik extreme overclocking tidak dilakukan dengan benar, bisa terjadi potensi risiko seperti kerusakan komponen, selain itu dengan dilakukannya overcloking garansi yang ada pada komponen computer dianggap hangus, karena pihak bagian produksi tidak memiliki hak dan kewajiban mengenai teknik overclocking yang dilakukan pengguna.

Setiap komponen memiliki batas aman dari performanya, dan overclocking akan berusaha mencapai batas tersebut. Sedangkan extreme overcloking memaksa dan mendorong komponen mencapai atau bahkan melebihi batasnya, sehingga kesulitan teknik ini cukup tinggi.

Teknik extreme overclocking ini tidak digunakan untuk pemakaian sehari-hari seperti pemakaian game ataupun pemakaian kantor, karena teknik ini ditemukan dan diimplementasikan hanya untuk melihat sejauh mana komponen computer bisa memakai semua performanya dan dapat dilihat juga ketahanan dari komponen komputernya. Selain itu extreme overclocking juga hanya terbatas untuk dilombakan dengan orang-orang yang ahli di bidangnya.

WN

Topik Hot Lainnya:   Tutorial Singkat Cara Mengganti Password WiFi First Media

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

12 − 4 =