Beranda Tips

Apa Sih Perbedaan Antara GIF, JPEG, Dan PNG?

97
0

Pernah mendengar istilah GIF, JPEG, atau PNG? Walaupun masih terasa asing, tapi saya yakin Gadgeteers pernah membacanya di suatu tempat. GIF, JPEG, dan PNG merupakan format gambar yang paling umum digunakan oleh banyak orang. Sebenarnya ada banyak sekali format gambar yang ada di dunia ini. Namun ketiganya adalah format yang paling umum dipergunakan.

Ketiga format di atas adalah sama-sama format untuk gambar atau grafis. Jika Gadgeteers membuka file-nya maka yang muncul tetap saja sebuah gambar. Tidak ada perbedaan yang dapat Gadgeteers temukan dari sana. Perbedaan yang ada lebih kepada sifat dan kelebihan setiap format.

digitaltrends.com
digitaltrends.com

Meskipun Gadgeteers bukan seorang desainer grafis, pengetahuan ini ada baiknya diketahui. Dengan mengetahui sifat dan kelebihannya, maka Gadgeteers bisa tahu format apa yang lebih tepat untuk dipilih.

GIF

Grafic Interchange Format, biasa disingkat GIF adalah salah satu jenis format gambar yang banyak digunakan di media internet. GIF dikembangkan dan diperkenalkan oleh Compuserve semenjak tahun 1987 lalu.

Kelebihan format gambar ini adalah ukuran gambarnya yang lebih kecil jika dibanding dengan format gambar lain. Yang menjadikan GIF begitu populer di internet adalah kemampuannya untuk menjadi gambar animasi. Apakah Gadgeteers pernah melihat foto atau gambar yang bisa bergerak-gerak? Itu adalah gambar dengan format GIF.

Kemampuan GIF untuk menyimpan data dalam ukuran kecil dan animasinya membuat format gambar ini sangat cocok untuk digunakan di internet. Sifat lainnya adalah GIF bisa menyimpan gambar transparan.

JPEG

JPEG adalah format standar untuk kamera dan fotografi dasar. JPEG menjadi begitu populer untuk format foto karena kelebihannya. JPEG mampu menyimpan warna dengan resolusi true color atau 2 bit dalam ukuran kecil. Jadi Gadgeteers bisa menyimpan foto yang kualitasnya lumayan dan dengan ukuran file yang tidak terlalu besar dengan format ini.

Topik Hot Lainnya:   Cara Mengatasi Android Terkunci Karena Lupa Password

JPEG sangat cocok untuk fotografi. Akan tetapi format ini tidak cocok digunakan pada logo. JPEG tidak mengenali warna transparan. Jika kamu membuat logo dengan background transparan, maka background tersebut akan menjadi putih. JPEG juga tidak mendukung animasi seperti layaknya GIF.

PNG

PNG adalah format gambar yang dikembangkan untuk mengatasi ketidakmampuan JPEG dalam menampilkan warna transparan. Format gambar ini sangat cocok untuk kepentingan desain yang memerlukan banyak ruang transparan. PNG juga mempunyai kemampuan untuk menampilkan warna semi transparan yang tak bisa ditampilkan oleh format seperti GIF atau JPEG.

via digitaltrends.com
diedit oleh WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × four =