Beranda Aplikasi

20 Aplikasi Edit Fotografi untuk Android, iOS dan PC

91
0

Bagi penggemar fotografi, aplikasi edit foto pasti menjadi salah satu aplikasi wajib yang harus ada di smartphone atau PC. Hasil foto yang kece tak hanya dihasilkan dari angle, lighting, atau jenis kamera yang bagus, aplikasi pengedit juga bisa memberikan nuansa berbeda untuk sebuah foto.

Jika Gadgeteers sedang mencari-cari aplikasi edit foto yang mumpuni, berikut adalah 20 di antaranya.

PicsArt Photo Studio

PicsArt Photo Studio adalah aplikasi pengeditan gratis dan paling populer untuk membuat efek khusus, baik dari Android maupun iOS. Aplikasi ini memiliki fungsi yang dekat dengan apa yang Gadgeteers dapatkan pada alat profesional mahal seperti Photoshop.

PicsArt Photo Editor dilengkapi dengan banyak alat pengeditan yang mengagumkan, mulai dari efek pewarnaan, filter, overlay, membuat kolase, mengubah latar belakang, dan banyak lagi. PicsArt juga memiliki fungsi kamera yang memungkinkan pengguna untuk menangkap gambar atau video menggunakan filter efek secara real time.

PhotoDirector

PhotoDirector adalah salah satu aplikasi edit foto paling ramah pengguna untuk Android, baik untuk tingkat dasar maupun menengah. Aplikasi keluaran CyberLink ini memiliki antarmuka yang indah dan semua fitur dasar untuk mempercantik foto-foto Gadgeteers, seperti stiker, topeng, bingkai, blur, dll.

Untuk filternya, PhotoDirector memiliki 11 efek berbeda yang bisa Gadgeteers pilih, seperti kaleidoscope, blur, tampilan TV, sepia, pantulan di dalam air, dll.  PhotoDirector juga memiliki kamera dalam aplikasi, sehingga Gadgeteers dapat menerapkan efek foto instan dan membagikannya langsung ke media sosial.

Photoshop Express

Photoshop Express adalah aplikasi seluler untuk pengeditan foto yang cepat, mudah, dan bisa untuk membuat kolase. Aplikasi online ini adalah keluaran dari Adobe yang tersedia gratis dan cocok untuk semua level pengguna. Dengan Photoshop menjadi kata kerja, hanya sedikit orang yang pernah menggunakan Adobe Photoshop.

Tapi dengan mengeluarkan Photoshop Express, Adobe memiliki cara memperkenalkan pengguna baru ke dunia Photoshop. Seperti yang diharapkan Adobe, Express Editor mendapat respon yang sangat baik dengan berbagai fitur yang dibawanya.

Kata express dalam nama Photoshop Express memberikan indikasi yang jelas tentang tujuannya.  Meski tidak memiliki tools pengeditan foto yang lengkap, tapi Photoshop Express akan cocok untuk pengguna yang membutuhkan pengeditan sederhana, atau untuk pengguna tingkat lanjut yang ingin melakukan penyesuaian cepat tapi berkualitas tinggi ketika mereka jauh dari komputer utamanya.

Photoshop Express memungkinkan Gadgeteers menerapkan filter instan yang disebut “Looks”. Gadgeteers dapat memilih berbagai efek menarik dan mengontrol intensitasnya. Gadgeteers bisa mengatur kontras, shadows, vibrance, temperatur, dehaze, mengurangi Luminance Noise, dll.

Photoshop Express juga menawarkan fitur basic edit foto berupa cropping, rotating, flipping, resize foto, bingkai, dan menambahkan teks atau gambar lain. Namun, untuk beberapa fitur tertentu, Gadgeteers hanya bisa mengaksesnya jika login dengan Adobe ID.

Snapseed

Aplikasi ini sangat sederhana sehingga mudah digunakan, bahkan untuk photographer amatir. Snapseed dapat membuat setiap gambar tampak luar biasa, tergantung pada aspek yang ingin Gadgeteers berikan. Snapseed adalah aplikasi bebas iklan yang bisa Gadgeteers dapatkan secara gratis untuk iOS dan Android dalam versi yang lebih tinggi dari 4.0.

Dikembangkan oleh Google, Snapseed memiliki beberapa fitur yang dapat membuat foto Gadgeteers tampak lebih menarik, seperti koreksi otomatis, penyesuaian selektif, memperbaiki white balance, meningkatkan kontras, kecerahan, saturasi, dan banyak lagi. Gadgeteers juga bisa bereksperimen dengan beragam filter inovatif seperti Retro, Drama, Vintage, Grunge, Tilt-Shift, Black and White, dll.

Satu hal lagi yang membedakan Snapseed dari aplikasi lain adalah ia terintegrasi langsung dengan platform Google+, sehingga Gadgeteers dapat berbagi gambar Gadgeteers langsung di jejaring sosial ini.

AirBrush

Aplikasi foto yang nyaman ini dikemas dengan fitur-fitur menarik yang memungkinkan Gadgeteers membuat selfie terbaik untuk dibagikan di media sosial. AirBrush dirancang untuk semua jenis pengguna, mudah digunakan, dan tentu saja gratis di Google Play Store.

Dengan AirBrush, Gadgeteers bisa memilih salah satu dari beberapa nada warna kulit dan dengan sentuhan kecil seperti penghilang noda dan jerawat, memutihkan gigi, mencerahkan mata, retouching artistik, dan bahkan efek langsing. AirBrush memiliki kualitas yang membuatnya berbeda dari yang lain, yang menghasilkan kulit halus sempurna di setiap foto Gadgeteers.

Toolwiz Photo

Toolwiz Photo adalah alat edit foto kreatif yang menawarkan lebih dari 200 tools canggih, yang bisa dioperasikan hanya dengan ujung jari Gadgeteers. Dengan Toolwiz Photo, Gadgeteers bisa memutar gambar, memperbaiki kecerahan, menerapkan filter, menambahkan teks, meletakkan bingkai, dan sebagainya. ToolWiz sepenuhnya gratis dan bisa Gadgeteers dapatkan di Google Play.

Topik Hot Lainnya:   Selain Bluetooth, Berbagi File Bisa Menggunakan Aplikasi ini

YouCam Perfect

Lebih dari 300 juta orang telah menggunakan YouCam Perfect di Android dan iOS mereka. Gadgeteers dapat mempercantik foto Gadgeteers dengan menambahkan bingkai & kolase, mengaburkan latar belakang, mengubah ukuran, memotong dan memutar, menghaluskan kulit, menambah kontur, penghilang mata pGadgeteers dan bintik hitam, serta menambahkan berbagai stiker keren.

Pixlr

Sebelumnya dikenal sebagai Pixlr Express, Pixlr adalah salah satu aplikasi pengeditan foto profesional untuk Android, iOS, dan desktop. Aplikasi autodesk ini tidak hanya sederhana, tapi juga memiliki banyak fungsi yang berkisar dari profesional hingga fungsi lucu.

Dengan antarmuka yang hebat dan fitur yang dinamis, Pixlr menawarkan percikan warna, focal blur, mengubah ukuran gambar, menambahkan teks dengan berbagai jenis font, dan berbagai efek yang dapat Gadgeteers gunakan untuk membuat kolase khusus.  Dengan Pixlr, Gadgeteers juga dapat dengan mudah berbagi foto dengan teman di media sosial seperti Instagram, Twitter, atau Facebook.

VSCO

VSCO adalah salah satu aplikasi edit fotografi paling hits saat ini, baik di iOS maupun Android. Disajikan sebagai aplikasi pengedit foto yang menampilkan ekspresi artistic, VSCO memiliki banyak koleksi filter gratis yang bisa Gadgeteers coba. Tools pengeditan yang ditawarkan termasuk kecerahan, kontras, saturasi, warna, crop, putar, ketajaman, sorotan, bayangan, dan banyak lagi.

Adobe Lightroom

Lightroom dan Photoshop adalah alasan di balik cengkeraman Adobe di pasar pengeditan foto desktop. Lightroom untuk iPad tidak bagus sebagai aplikasi pengeditan foto yang berdiri sendiri, tapi bersinar ketika digunakan bersama dengan Lightroom untuk Windows atau Mac.

Adobe Lightroom adalah salah satu dari sedikit aplikasi yang mendukung file RAW, yang tentu sangat menarik bagi Gadgeteers yang menggunakan kamera DSLR. Dengan Lightroom, Gadgeteers bisa mendapat rendering 3D, edit video, grafik vektor, dan beberapa fitur lain yang cocok untuk photographer pro.

Instagram

Selain sebagai salah satu komunitas foto paling populer di dunia, Instagram adalah aplikasi pengeditan foto yang cepat dan super mudah. Gadgeteers bisa menggunakannya di iPhone, Android, atau Windows. Instagram memiliki berbagai filter yang tersedia untuk pengeditan sederhana. Untuk membantu membuat antarmuka aplikasi lebih ramah, Instagram telah memutuskan untuk menyembunyikan beberapa filter.

Jika Gadgeteers ingin mengaktifkan semua filter, Gadgeteers harus membuka aplikasi dan memilih foto untuk diposting. Setelah Gadgeteers berada di bagian pengeditan, Gadgeteers akan memiliki opsi untuk memilih filter, mengatur kecerahan, contrast, struktur, saluration, dll. Filter ini cukup untuk kebanyakan orang, tapi tidak untuk photographer profesional.

Aviary

Aplikasi Aviary kompatibel dengan perangkat Android, iOS, dan dioptimalkan untuk laptop dan tablet. Aplikasi ini gratis, dengan paket efek tambahan yang bisa Gadgeteers gunakan dengan membayar sekitar 130 ribu. Fitur utama dari aplikasi ini adalah kontrol kecerahan, kontras, saturasi, koreksi warna, dan ketajaman.

Ada juga add teks, gambar, dan clip-art dasar. Jika Gadgeteers senang bermain dengan warna, Aviary juga memiliki 12 filter foto yang bisa Gadgeteers coba dan langsung Gadgeteers bagikan ke Facebook, Twitter, Instagram, dan Tumblr.

Repix

Jika Gadgeteers menyukai hasil foto yang cantik atau ingin melihat foto Gadgeteers sebagai karakter kartun yang imut, maka Gadgeteers akan tertarik dengan aplikasi seluler gratis bernama Repix. Repix adalah aplikasi editor kombinasi/filter/efek yang memungkinkan Gadgeteers mendapatkan hasil editan yang funky dan artistik.

Ada kontrol sederhana untuk kecerahan, kontras, saturasi, suhu, dan sketsa. Gadgeteers juga dapat menerapkan berbagai rasio aspek atau menyesuaikan rasio Gadgeteers sendiri, juga bisa menggunakan overlay filter dan bingkai khusus ke foto Gadgeteers. Fitur canggih lain adalah “Brush” yang dapat Gadgeteers gunakan untuk menambahkan tetesan hujan dan beberapa tweak menarik lainnya.

Satu-satunya kekurangan Repix adalah Gadgeteers harus membayar ekstra untuk membuka beberapa efek “Brush” yang lebih baik, yang dilabeli dengan nama-nama VanGogh, Hollywood, Bokeh, dan Glow Smoke. Repix tersedia sebagai unduhan gratis untuk perangkat Android yang menjalankan 4.0 dan lebih tinggi, serta perangkat iOS yang beroperasi pada 7.0 atau yang lebih baru.

Litely

Litely mirip dengan Repix, tapi memiliki lebih sedikit fitur dan memiliki hasil akhir yang lebih elegan. Litely tidak seperti aplikasi filter-sentris serupa lainnya, efek Litely lebih halus dan memang dirancang untuk meningkatkan keindahan alami gambar, bukan untuk menutupinya, sehingga sebagian besar orang yang melihat foto Gadgeteers tidak akan tahu bahwa foto tersebut sudah diedit.

Topik Hot Lainnya:   5 Aplikasi Belajar Koding untuk Android

Litely menyediakan beberapa tools pengeditan foto stGadgeteersr yang memungkinkan Gadgeteers menyesuaikan pencahayaan, ketajaman, mengubah tepi foto yang gelap, dll. Litely juga menyediakan opsi berbagi ke Twitter, Instagram, Facebook, Messaging, dan Mail. Gadgeteers juga bisa menyimpan, menyalin, dan membuka foto di aplikasi lain. Litely tersedia secara gratis di App Store dan bebas iklan.

Skylum Luminar

Skylum Luminar adalah salah satu alat edit fotografi baru dan populer untuk Windows di tahun 2019. Skylum Luminar adalah editor foto lengkap yang mengemas warna, ketajaman, pemrosesan B&W, kontras, dehaze, luminositas, penghapusan objek, dan lain sebagainya. Perangkat lunak ini memiliki lebih dari 40 filter, seperti fokus lembut, nada, butir, sketsa, cahaya, kejernihan, dll.

Keindahan Luminar yang sebenarnya terletak pada presetnya yang dapat Gadgeteers terapkan untuk kategori outdoor, travel, dramatis, potret, dan foto lainnya. Versi Luminar terbaru juga menyertakan filter pemrosesan RAW, sehingga Gadgeteers dapat mengedit foto dari DSLR Gadgeteers.

Terdapat juga panel history untuk melacak penyesuaian mana yang telah dilakukan pada suatu gambar dan juga dengan cepat melakukan beberapa undo. Sayangnya, perangkat lunak canggih ini hanya bisa digunakan dengan membayar $ 69 untuk pengguna baru.

VivaVideo

Editor foto dan video ini akan membantu Gadgeteers membuat klip kren dan casual sesuai keinginan Gadgeteers. VivaVideo tersedia dalam 2 versi: VivaVideo Free dan VivaVideo Pro berbayar, keduanya tersedia di iOS dan Android. Jika menggunakan VivaVideo Pro, Gadgeteers akan memiliki beberapa kelebihan, seperti kualitas yang lebih baik, lebih banyak filter, tanpa watermark, dan durasi video yang tidak terbatas.

Jika Gadgeteers menggunakan versi gratisnya, Gadgeteers tetap mendapat beberapa fitur berguna dengan durasi video sekitar lima menit. Fitur-fitur ini termasuk menambahkan efek, musik, stiker animasi, teks, emoticon, filter, kolase, dll. Kekurangan dari versi gratis adalah foto atau video Gadgeteers akan mendapat watermark dan mungkin setelah Gadgeteers simpan kualitasnya akan sedikit turun.

Prisma Photo Editor

Mendapat penilaian 4.8 dari 5 bintang di App Store membuktikan bahwa Prisma Photo Editor adalah aplikasi yang layak untuk dimasukkan ke iOS Gadgeteers. Hadir sejak 2016, aplikasi ini telah merevolusi pengguna iPhone dengan filter seni yang fantastis.

Prisma menawarkan lebih dari 300 filter yang mudah digunakan, dan telah diunduh oleh 120 juta pengguna di seluruh dunia. Selain filter seni, Prisma juga menawarkan berbagai tools dalam mode peningkatan foto, seperti ketajaman, kecerahan, eksposur, kontras, dll.

Afterlight

Afterlight adalah aplikasi edit fotografi dengan fungsi dasar, tapi memiliki semua yang Gadgeteers butuhkan untuk mengedit foto. Afterlight dapat membantu Gadgeteers memberikan sentuhan artistik pada foto dengan mengontrol nada warna, mengatur pencahayaan dan kecerahan, memutar dan menyelaraskan foto, dll.

Afterlight berisi lebih dari 30 filter, dengan salah satu filter paling favorit adalah Fusion. Jika Gadgeteers menyuka bingkai foto, Afterlight juga menawarkan 77 frame foto berbeda yang dapat Gadgeteers pilih. Afterlight tersedia gratis di iOS dan Android dengan 4.2 bintang.

Mextures

Mextures adalah salah satu aplikasi paling canggih untuk iOS, dan ciri khasnya adalah pengeditan layer. Dengan fitur ini, pengguna dapat menggabungkan berbagai lapisan foto yang tumpang tindih, serta memindahkan dan mengeditnya secara terpisah, yang bisa Gadgeteers kreasikan ke dalam kreativitas yang hampir tidak terbatas.

Gadgeteers juga dapat menerapkan beberapa tekstur, grit, grain, dan segala macam filter cahaya ke foto Gadgeteers untuk menciptakan gaya yang unik. Jika Gadgeteers memiliki formula pengeditan favorit, Gadgeteers dapat menyimpannya untuk menerapkannya lagi di foto lain nanti.

SKRWT

Pernahkah Gadgeteers memotret sesuatu yang lurus? Misalnya pintu, bangunan, atau piring makanan, dan menemukan bahwa perspektifnya sedikit bengkok atau miring? Aplikasi SKRWT di Play Store dan App Store memungkinkan Gadgeteers untuk menyesuaikan perspektif foto Gadgeteers untuk membuat garis menjadi lurus.

Gadgeteers dapat mengambil foto langsung dari kamera SKRWT atau memilih foto untuk diedit dari album foto Gadgeteers. Setelah memilih foto, Gadgeteers dapat mulai mengeditnya dengan salah satu dari fitur SKRWT berikut:

  • Koreksi keystone
  • Koreksi kemiringan
  • Koreksi distorsi barrel
  • Meluruskan
  • Memutar
  • Pangkas manual
  • Pangkas otomatis
  • Koreksi vignette
  • Kontrol grid

Aplikasi edit foto lebih dari sekadar filter, mengedit foto sama seperti menerapkan sentuhan akhir pada sebuah lukisan, Gadgeteers membutuhkan pengeditan untuk membuat hasil jepretan kamera menjadi lebih artistik. Dengan salah satu dari 20 aplikasi di atas, ubah foto-foto Gadgeteers menjadi karya seni indah dan biarkan dunia melihatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three + 15 =