Beranda Tips

Aplikasi yang Wajib Diinstal untuk YouTuber Pemula Bermodal Smartphone

134
0

Menjadi seorang YouTuber  menjadi impian dari sebagian generasi milenial, namun kebanyakan dari kita yang ingin memulai membangun channel YouTube terkendala dengan kamera dan perangkat video lainnya seperti lighting, PC atau laptop  yang mumpuni.

Tapi tahukah Gadgeteers untuk memulai jadi seorang YouTuber sekarang tidak butuh alat-alat mahal tadi, kamu bisa memanfaatkan kamera ponsel yang dimiliki. Pada tulisan kali ini akan saya jelaskan aplikasi yang wajib diinstal untuk YouTuber pemula yang hanya bermodal smartphone.

Aplikasi Perekam Video

Untuk merekam video pada smartphone Gadgeteers butuh aplikasi tambahan, lalu kenapa tidak menggunakan aplikasi perekam video bawaan ponsel? alasannya adalah fitur yang disediakan aplikasi bawaan kurang lengkap, nah untuk itulah kita butuh aplikasi tambahan. ada dua aplikasi yang saya rekomendasikan untuk digunakan

Cinema FV-5 Lite

Aplikasi ini membuat smartphone kamu memiliki pengaturan layaknya kamera DSLR.  Cinema FV-5 Lite bisa mengatur eksposur, ISO, mode pengukuran cahaya (matriks / pusat / titik), mode fokus, dan keseimbangan putih dan beberapa fitur lainnya. aplikasi ini gratis bisa di unduh di Play Store, namun jika kamu ingin fitur yang lebih lengkapnya bisa berlangganan versi pro dari Cinema FV-5.

Open Camera

Pilihan aplikasi perekam video selain Cinema FV-5 Lite adalah Open Camera buatan Mark Harman. pada aplikasi ini kamu juga bisa mengatur mode fokus, mode pemandangan, efek warna, white balance, ISO, kompensasi eksposur / kunci, deteksi wajah dan sebagainya.

Aplikasi Perekam Layar Ponsel

Bagi Gadgeteers yang ingin membuat channel gaming atau tutorial penggunakan aplikasi ponsel. kamu butuh aplikasi perekam layar ponsel.adabanyak pilihan aplikasi screen recorder namun yang saya sarankan untuk digunakan adalah AZ Screen Recorder. Aplikasi ini  menghasilkan rekaman yang cukup menjanjikan dan tidak mengurangi kualitas aslinya. dan menyediakan beberapa fitur pendukung lainnya.

Aplikasi lainnya yang juga bisa digunakan untuk merekam layar ponsel adalah DU Recorder. aplikasi ini tidak butuh akses root untuk bisa menggunakannya,

Aplikasi Editing Video

Setelah merekam video maka Gadgeteers butuh mengedit video tersebut sebelum di upload ke YouTube. Aplikasi editing video di ponsel Android yang bisa digunakan adalah KineMaster. Dengan aplikasi ini kamu bisa memotong video yang dirasa tidak layak dan pada aplikasi ini juga bisa menambahkan teks animasi. untuk menikmati fitur yang lebih banyak dari aplikasi ini kamu bisa berlangganan versi pro.

Pilihan lainnya untuk aplikasi editing video adalah PowerDirector, apliasi ini akan menampilkan timeline dari potongan-potongan video yang akan diedit.

Aplikasi Pembuat Thumbnail

Terakhir yang tidak kalah penting agar video yang Gadgeteers upload ke YouTube semakin menarik adalah tampilan Thumbnail. Tampilan Thumbnail yang menarik diyakini dapat meningkatkan minat orang untuk mengklik video. Untuk dapat membuat Thumbnail yang menarik kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi editing foto seperti PicsArt Photo Studio, aplikasi ini akan membuat tampilan thumbnail YouTube kamu semakin menarik.

Aplikasi lainnya yang juga bisa digunakan untuk membuat thumbnail video adalah Canva. Pada aplikasi ini telah disediakan ukuran khusus untuk thumbnail YouTube.

WN

Topik Hot Lainnya:   ICMI Ingin Pemerintah Blokir Google dan Youtube, Apa Mungkin?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nineteen − 5 =