Beranda Berita

Apple Hadirkan iOS 9 dengan Beberapa Fitur Menarik, Ini Detailnya

5
0

Apple mengungkapkan misteri sistem operasi terbaru mereka dengan mengumumkan kehadiran iOS 9 di acara WWDC (Worldwide Developers Conference) 2015 yang diadakan di San Francisco, California dan ternyata kehadirannya memang mengagumkan.

Hal tersebut membuat iOS 8 tidak lagi menjadi bintang untuk smartphone dan tablet keluaran Apple tersebut. Kendati begitu, Apple hanya memperkenalkan iOS 9 dengan tidak menyebutkan kapan iOS 9 akan tersedia untuk mereka bagi pengguna iPhone ataupun iPad.

ios-9-download

Namun satu hal yang pasti, Apple akan memberikan versi beta-nya pada bulan September mendatang tapi untuk mereka para app developer sepertinya akan segera tersedia tidak lama lagi.

Dilihat dari fiturnya, iOS 9 ini akan membawa perubahan besar kepada tampilan iPhone maupun iPad Gadgeteers. Tentunya fitur-fitur tersebut seperti baterai, sistem multitasking yang lebih baik, user interface yang lebih nyaman, dan sebagainya. Nah, di bawah ini mungkin bisa menjadi beberapa fitur yang bisa membuat Gadgeteers tertarik :

Update For Everyone

iOS-9-Update-720x411
gottabemobile.com

Biasanya bila ada update sistem operasi terbaru, model ponsel lama tidak akan kebagian update tersebut. Hukum tersebut sepertinya tidak berlaku untuk iOS 9, pasalnya sistem operasi tersebut akan tersedia untuk semua jenis model iPhone (dan mungkin iPad). Bayangkan bila Gadgeteers punya iPhone 4S, ponsel tersebut masih bisa merasakan kenikmatan dari iOS 9 ini. Namun tentunya bakal ada beberapa fitur yang dikurangi untuk menyeimbangkannya dengan kemampuan ponsel.

Untuk mengatasi hal tersebut, iOS 9 akan memakan memori lebih sedikit ketimbang iOS 8. Mungkin lebih kecil 3,5 kali pasalnya kali ini iOS 9 bakal menghabiskan total memori 1,3 GB.

Pengoperasian Baterai yang Lebih Baik

iOS-9-battery-life-improvements-head

Dengan iOS 9 ini, Apple menjanjikan performa yang lebih cepat dengan penggunaan baterai yang lebih sedikit. Sebagai contoh Apple mengambil model iPhone 6 dan menyatakan bahwa dengan iOS 9, iPhone 6 bakal memiliki tambahan energi sekitar 10% dan bila dibiarkan dalam power saver akan dapat menambah energi sampai 3 jam.

Topik Hot Lainnya:   Apple Watch Alergi Tato?

Side By Side Multitasking

apple-ios-9-details-4.png
gizmag.com

Fitur yang satu ini diperkenalkan untuk iPad, namun sekarang ini dengan iOS 9 fitur tersebut bisa dinikmati juga oleh pengguna iPhone. Dengan hadirnya iOS 9, sekarang para pengguna iPhone dapat membuka dua aplikasi dalam waktu bersamaan dan membagi layarnya sehingga pengguna bisa melihat kedua aplikasi yang terbuka tersebut.

Namun bila dipikirkan lagi, mungkin fitur ini hanya akan tersedia untuk iPhone 6 Plus. Mengapa? Karena sepertinya iPhone 6 Plus lah yang mendapat dukungan layar yang lebih baik ketimbang model iPhone yang lain. Dukungan layar tersebut yaitu lebih besar dan lebar.

Siri yang Lebih Pintar dan Proaktif

Siri-2
forbes.com

Kali ini Apple kembali mengembangkan salah satu fitur yang sudah lama berada di naungan Apple yaitu Siri. Kali ini Siri menjadi semakin lebih pintar,  yang akan memberikan segala informasi yang Gadgeteers butuhkan walaupun mungkin pertanyaan tentang informasi tersebut belum ditanyakan kepadanya. Nah, karena sekarang Siri menjadi lebih pintar, ia dapat mengenali kebiasaan penggunanya.

Maksudnya mengenali kebiasaan di sini adalah misalnya ketika Gadgeteers selalu menanyakan pertanyaan yang sama dengan sering, maka Siri akan langsung menyimpan pertanyaan tersebut dan dengan mudah menjawabnya bila kelak pertanyaan tersebut ditanyakan kembali. Contoh lain adalah bila mungkin kebiasaan Gadgeteers adalah mendengarkan lagu up beat dari pukul 7 sampai 8 pagi karena sambil menemani olah raga pagi, maka ponsel Gadgeteers akan menjalankan aplikasi pemutar musik dengan tanggap.

via Macworld.co.uk
featured image via app22.ru
diedit oleh Winarso

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nineteen − 19 =