Beranda Berita

Apple Watch Kuasai 75% Pasar Smartwatch Dunia Q2 2015

4
0

Apple jarang menunjukan angka penjualan atau statistik internal dan ketika produk mereka resmi masuk ke pasar, kita seringkali hanya dapat menebak seberapa suksesnya produk tersebut berdasarkan hasil riset pasar yang dirilis oleh lembaga-lembaga riset. Kemunculan Apple Watch yang relatif terlambat 1-2 tahun, desain yang tebal dan kaku serta banderol harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan para vendor smartwatch dunia lainnya ternyata tidak serta-merta membuat produk wearable pertama berbasis watchOS ini menjadi kurang laris di pasar.

Apple-Watch-GGLembaga riset Strategy Analytics mencatat angka pengiriman smartwatch dunia tahun ini mengalami peningkatan sekitar 457.3% dibandingkan dengan angka pengiriman tahun lalu. Pada kuartal ke-2 tahun 2014 smartwatch hanya membukukan 1 juta pengiriman secara global namun di kuartal yang sama tahun 2015 angka tersebut meningkat jadi 5.3 juta unit. Hal tersebut jelas sebuah peningkatan yang sangat tinggi dan ternyata angka pengiriman 4 juta unit (sekitar 75.5%) dari 5.3 juta unit tersebut adalah milik Apple Watch. Dengan kata lain, Apple Watch berhasil menjadi smartwatch nomor 1 dunia hanya dalam kurun waktu 1 tahun.

Dalam laporan keuangan Apple kuartal 2 tahun 2015 tercatat pendapatan dari hasil penjualan kategori “other products” yang meliputi AppleTV, Apple Watch, Beats, iPod dan aksesoris mengalami peningkatan sebesar 56% terhadap kuartal sebelumnya menjadi US$2.6 milliar (sekitar Rp33.8 triliun). Chief Financial Officer Apple Luca Maestri mengatakan kepada Engadget bahwa Apple Watch merupakan produk yang paling bertanggungjawab terhadap kenaikan angka pendapatan penjualan Apple dari kategori “other products” yang sangat tinggi dan berhasil menutupi kerugian yang terjadi dari angka penjualan iPod dan aksesoris.

Global-Smartwatch-Q2-2015
Nasib sial ternyata menimpa pesaing terdekatnya, Samsung. Pada tahun 2014 mereka berhasil mengirimkan sekitar 700 ribu unit smartwatch dan berhasil menguasai 73,6% pasar smartwatch. Namun hal tersebut sekarang jauh berbeda karena mungkin setelah banyaknya perusahaan yang ikut masuk bersaing di pasar smartwatch, pamor Samsung pun menurun drastis. Sekarang mereka hanya bisa mengirimkan sekitar 400 ribu unit yang berarti hanya menguasai sekitar 7,5% pasar perangkat smartwatch dunia.

Topik Hot Lainnya:   BlackBerry Berencana Luncurkan Smartwatch yang Bisa BBM-an

Apple sendiri seharusnya tidak langsung tinggi hati dengan gelar jawara tersebut. Seorang analyst yang bernama Chris Jones mengatakan bahwa Apple, Samsung, Pebble dan vendor smartwatch lainnya masih tetap harus terus berinovasi mengembangkan perangkat mereka dari segi desain, baterai, fitur, dan lain sebagainya. Tentunya para penggemar gadget pun masih menaruh harapan lebih dari para vendor smartwatch dunia tersebut.

via strategyanalytics.com
featured image via bloomberg.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twenty − seventeen =