Beranda Berita

ARC Pen, Bantu Penderita Parkinson Menulis dengan Benar

3
0

Penderita penyakit parkinson biasanya memiliki beberapa gejala dan indikasi, beberapa di antaranya adalah kesulitan untuk melakukan tugas-tugas sederhana misalnya mengambil benda berukuran kecil, berbicara dengan baik, berjalan dan bahkan menulis sebuah catatan kecil. Dengan begitu, penderita parkinson harus mendapatkan bantuan dari alat atau orang lain.

Beberapa saat lalu telah diluncurkan sendok yang membantu orang-orang dengan penyakit Parkinson agar dapat makan secara normal, dan perusahaan di balik alat ini, Liftware, perusahaan yang sudah dibeli oleh Google tahun lalu. Nah, kali ini ada sebuah alat baru yang bernama ARC Pen, alat ini dikembangkan untuk memerangi Micrographia.

Print

ARC Pen pada dasarnya dikembangkan oleh sekelompok mahasiswa dari Inggris Royal College of Art dan Imperial College London, dan Micrographia adalah salah satu gejala Parkinson. Salah satu ciri kondisi ini adalah tulisan tangan pasien menjadi lebih kecil dan lebih sempit, semakin lama ia menulis, maka semakin tidak terbaca.

Pena ini diharapkan dapat mencegah hal itu terjadi, karena merangsang otot kunci melalui getaran, di dalamnya terdapat semacam motor yang terintegrasi sehingga pengguna memperoleh kontrol yang lebih baik atas setiap gerakan tangan mereka.

ARC Pen memiliku ukuran yang relatif besar sehingga jauh lebih nyaman untuk dipegang ketimbang pena berukuran biasa. Seorang ilmuwan bernama Lucy Jung memimpin tim ini, di mana ide aslinya terbukti secara radikal berbeda dengan perangkat lainnya namun dengan misi yang sama, membantu penderita parkinson.

via Wired.co.uk

Topik Hot Lainnya:   4 Fungsi WiFi Smartphone yang Jarang Diketahui

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 + four =