Untuk mendukung aktivitas mobile, saat ini pengguna sudah lebih banyak menggunakan smartphone ataupun tablet dibandingkan dengan laptop. Namun untuk bekerja, pengguna tetap membutuhkan ASUS X540, laptop 15 inci dengan bobot dan harga laptop 14 inci. Mendukung tren yang mengarah ke laptop berukuran layar lebih luas, ASUS menghadirkan update dari lini laptop mainstream berukuran layar 15 inci.

Salah satunya varian laptop 15 inci terbaru yang dihadirkan ASUS adalah seri X540. Tak hanya layar lebih lebar, sejumlah fitur unggulan dan bermanfaat untuk pengguna yang dituju sudah dihadirkan padanya. Yang menarik, ia tetap memiliki bobot yang ringan, hanya 1,9 kg sama seperti bobot laptop 14 inci dan harga yang sama, yakni mulai dari Rp3,499,000.

ASUS X540 merupakan laptop 15 inci, dengan keyboard berukuran penuh, lengkap dengan numeric pad namun memiliki bobot yang ringan, bagaikan bobot laptop berukuran 14 inci,” sebut Juliana Cen, Country Product Group Leader, ASUS Indonesia. “Yang menarik, laptop ini juga dipasarkan di harga yang sama dengan laptop 14 inci,” ucapnya.

ASUS-X540-Indo-GG
Agar dapat lebih ringan, ASUS melakukannya dengan memodifikasi dan mereduksi komponen-komponen pendukung yang memiliki bobot berat di bagian dalam, namun tetap dengan menjaga kekuatan struktur bodi laptop secara keseluruhan. Dengan demikian, asumsi bahwa laptop 15 inci lebih berat dibanding 14 inci tidak berlaku pada ASUS X540 series.

Juliana menyebutkan, laptop ASUS X540 diperuntukkan bagi para pengguna muda seperti siswa sekolah dan mahasiswa. “Ukuran layar yang lebih lebar tentu akan membawa banyak manfaat bagi pengguna seperti ini untuk bekerja, bobot yang lebih ringan membuat mahasiswa dan pelajar sekalipun dapat menjinjingnya dengan mudah,” sebut Juliana.

Kelebihan lain, komputer jinjing ini juga punya konektivitas USB Type-C dan prosesor Intel generasi ke-4. Seperti diketahui, USB Type C adalah teknologi terbaru dalam dunia USB dan telah menjadi standar yang akan banyak diimplementasikan ke dalam berbagai perangkat.

ASUS-X540-Ports-GG
Banyak manfaat yang akan didapat dengan menggunakan port konektor ini, antara lain membuat perangkat lebih tipis dan juga memiliki kecepatan transfer data yang cepat,” ucap Juliana.

Dengan menggunakan USB Type-C, lanjut Juliana, laptop X540 akan mampu memiliki kecepatan transfer data hingga 5Gbps. Hal itu tentunya sangat baik untuk membuat tugas maupun pekerjaan yang hendak diselesaikan menjadi lebih cepat dan efisien.

Tidak hanya USB Type-C, Juliana menambahkan, kelengkapan port konektivitas lainnya yang diberikan pada X540 semakin menjadikan laptop ini layak untuk menjadi pilihan. Port konektor tersebut antara lain, USB 3.1, HDMI, VGA, optical disk drive, serta card reader.

Audio Mumpuni dengan Suara Ciamik

ASUS-X540-OpticalDrive-GGASUS X540 juga dilengkapi dengan teknologi audio yang tak kalah hebat berbasis SonicMaster Technology. Dengan teknologi audio khas ASUS tersebut, X540 mampu mengeluarkan suara yang ciamik dengan dentuman bass yang kuat. Ini dimungkinkan karena chamber pada sistem audionya berukuran ekstra besar, sekitar 19,4 cc.

Selain itu, perangkat berkapasitas harddisk hingga 500 GB ini juga memiliki speaker dengan bentuk membulat yang didesain untuk mampu memaksimalkan keluaran suara di frekuensi rendah dan mereduksi terjadinya noise. Tak luput juga, dari sisi software, ASUS menyediakan fitur bernama ASUS Audio Wizard. Ia turut andil membuat bunyi yang keluar dari speaker semakin jernih dan indah.

Terdapat lima kustomisasi pada software tersebut. Anda dapat menggunakannya sesuai dengan preferensi dan kebutuhan saat hendak ingin mendengerkan audio. Kostumisasi tersebut antara lain music mode, movie mode, recording mode, gaming mode, dan speech mode.

Performa Kelas Atas untuk Budget Terbatas

ASUS-X540-Intel-Haswell-GG
Dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih, tidak lantas membuat harga dari laptop X540 menjadi tak terjangkau. Justru sebaliknya, dengan banderol harga yang kompetitif, laptop berbobot 1,9 kg ini tetap ditenagai dengan prosesor unggulan.

Otak dari ASUS X540 diperkuat dengan prosesor Intel Haswell i3-4005U dan kartu grafis Ndivia GeForce 900 series yang akan mendongkrak performanya menjadi lebih bertenaga,” tutur Juliana. “Meskipun begitu, perangkat ini tetapi memiliki harga yang terjangkau karena memang ditujukan untuk pengguna ber-budget terbatas,” ungkapnya lagi.

Dengan menggunakan dua jeroan internal yang bertenaga tersebut, tambah Juliana, dapat dipastikan ASUS X540 dapat menangani tugas tugas harian yang memerlukan kualitas performa, maupun ketika dibutuhkan bekerja mengolah gambar 3D dengan sokongan kartu grafis yang dapat diandalkan.

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
5 Years in IT Retailer, Startup owner, Gadget Enthusiast, Social Media Professional, Wordsmith, Amateur Jester.