Beranda Games

Autodesk Luncurkan Stingray Game Engine di GDC Europe 2015

0
0

Pada acara Game Developers Conference (GDC) Europe 2015, Autodesk mengumumkan bahwa mesin permainan (game) baru, Stingray, akan tersedia bagi para pengembang permainan pada 19 Agustus 2015. Pada musim panas nanti, Autodesk juga akan menawarkan akses pengguna Autodesk Maya LT Desktop Subscription untuk Autodesk Stingray sebagai bagian dari produk berlangganan mereka.

Dibangun di atas mesin tangguh Bitsquid yang dibangun dengan arsitektur desain data-driven, yang diakuisisi Autodesk pada 2014, Stingray adalah sebuah program baru yang lengkap untuk membuat permainan 3D. Mesin ini mendukung sistem kerja berbagai permainan dengan standard industri pengembangan permainan dan mencakup konektivitas yang kuat ke perangkat lunak animasi 3D Autodesk yang mempermudah pengembangan permainan di berbagai sarana.

“Antara Augmented Reality, Virtual Reality dan penyebaran sarana ponsel, industri permainan mengalami transisi besar yang menunjukkan kerumitan baru, baik untuk AAA dan pengembang permainan independen. Autodesk mengembangkan Stingray dengan tantangan-tantangan ini, dan kami dengan senang hati membagi debut ini dengan komunitas pengembang permainan,” kata Senior Vice President, Media & Entertainment, Autodesk, Chris Bradshaw. “Stingray membuat semuanya menjadi mudah dan intuitif bagi para seniman dengan beragam perangkat keterampilan dan kemampuan pemrograman untuk membuat permainan 3D blockbuster, hiburan dan bahkan arsitektur generasi selanjutnya.”

Apartment-Stringray-GG
Fitur pokok Stingray mencakup :

1) Seamless Art-to-Engine Workflow: Mengimpor, membuat, mengulangi, menguji dan meninjau aset 3D dan gameplay dengan lebih cepat dengan sistem kerja one-click dan menghubungkan langsung antara Stingray dan perangkat lunak animasi 3D Autodesk.

2) Modern Data-Driven Architecture: Sebuah kode dasar yang ringan memberikan kebebasan kepada para pengembang permainan dalam membuat perubahan signifikan untuk mesin dan renderer tanpa membutuhkan akses source code.

3) Advanced Visuals and Rendering: Menghasilkan permainan yang menakjubkan secara visual dengan saluran rendering yang kuat, efek partikel yang lebih maju, efek visual pasca proses, lightmap baking dan sistem refleksi kinerja tinggi.

Topik Hot Lainnya:   Dota 2 Terlahir Kembali dengan Engine Baru

4) Proven Creative Toolset: Stingray mencakup solusi yang sudah terbukti seperti Beast, HumanIK, Navigation, Scaleform Studio (teknologi UI dibangun pada Scaleform), FBX, Audiokinetic Wwise dan NVIDIA PhysX.

5) Versatile Game Logic Creation: Stingray mencakup berbagai peralatan pengembangan yang membuat kreasi permainan menjadi lebih mudah diakses untuk para pembuat permainan dengan berbagai tingkat pengalaman – termasuk visual node-based-scripting dan Lua scripting. Source code C++ juga akan tersedia sebagai sebuah pembelian tambahan berdasarkan permintaan.

6) Multiplatform Deployment and Testing: Secara cepat membuat dan mengaplikasikan perubahan pada gameplay dan visual pada sistem yang didukung: Apple iOS, Google Android, Microsoft Windows 7 dan Windows 8, Oculus Rift DevKit 2, Sony Playstation 4 dan Microsoft XboxOne.

GhostTown-StingRay-GG
Autodesk memperlihatkan Stingray di GDC 2015 lebih awal tahun ini di San Fransisco. Kemudian sejak itu, para pengembang permainan di seluruh dunia sudah mendaftar untuk program beta Autodesk, mengirimkan permainan menggunakan teknologi ini dan menyediakan tanggapan yang meliputi :

“Arsitektur desain data-driven milik Stingray dan fleksibilitasnya telah membantu kami membuat portofolio permainan yang sangat jelas, dan waktu pengulangan yang cepat, untuk kode dan pembuat konten, berhasil menaikkan produktivitas kami secara signifikan. Mesin ini sudah menjadi faktor kunci kesuksesan bagi kami karena kami mampu memproduksi permainan kualitas tinggi dalam waktu yang singkat. Kami sangat senang melihat bagaimana Autodesk akan melanjutkan untuk mengembangkan mesin ini,” ujar Martin Wahlund, CEO Fatshark.

“Kami tidak pernah tahu, permainan apa yang akan kami buat, dan mesin ini bagus untuk itu. Mesin ini benar-benar memudahkan kami untuk membuat apa saja. Kami bisa membuat sebuah FPS atau RTS, atau top-down shooter, atau permainan bermain-peran, atau apa saja,” jelas Johan Pilestedt, CEO Arrowhead Game Studios.

Topik Hot Lainnya:   Final Fantasy XI Mobile Bakal Hadir Tahun Depan

Subway-Stingray-GG
Pengaruh dalam Pengembangan Industri

Mesin baru Stingray ini juga memiliki implikasi besar dalam pengembangan industri sejak mesin ini menciptakan sistem kerja yang terhubung dengan perangkat lunak animasi 3D Autodesk seperti 3ds Max, yang sudah mendukung proses BIM. Ini dikarenakan mesin tersebut memungkinkan para desainer, pemilik dan pemegang saham untuk mengakses dan memvisualisasikan sebuah model pengembangan dalam bentuk nyata hingga mengerti skalanya secara utuh, merasakan dan mengalami pengembangannya sebelum konstruksi dimulai.

Model revit dapat diaplikasikan pada 3ds Max agar dibuat menarik secara visual dan kemudian diimpor ke mesin Stingray untuk kemudian dibuat sepenuhnya interaktif, memungkinkan pengguna untuk mengeksplorasi kemungkinan “apabila” ada perubahan desain pada lingkungan visual yang tidak seperti orang yang tengah mengerjakan tahap pengembangan secara fisik. Keuntungan nyata dari mesin ini adalah memungkinkan para desainer, pemilik dan pemegang saham untuk mengakses dan memvisualisasikan sebuah model pembangunan dalam bentuk nyata hingga mengerti skalanya secara utuh, merasakan dan mengalami pembangunan sebelum konstruksinya mulai.

Harga dan Ketersediaan

Stingray Autodesk beroperasi dalam Windows dan akan tersedia melalui Autodesk Subscription mulai 19 Agustus 2015 dengan harga resmi US$30/bulan atau sekitar Rp400 ribu/bulan. Semua reseller Autodesk terotorisasi merupakan reseller independen dan bebas untuk menetapkan harga sendiri. Harga setiap reseller mungkin saja bervariasi. Pada musim panas nanti Autodesk berencana untuk menawarkan akses pelanggan Maya LT Desktop Subscription pada mesin ini sebagai bagian dati Maya LT.