Beranda Fotografi

Awas, Ada Kamera DSLR Nikon Palsu Beredar di Pasaran!

73
0

Gadgeteers tentu sering mendengar kasus penipuan smartphone palsu atau komputer rakitan yang diklaim asli. Tapi, bagaimana dengan kamera DSLR, pernahkah? Rasanya belum ya. Tapi baru-baru ini produsen kamera ternama, Nikon mengirimkan catatan berupa peringatan adanya potensi kamera DSLR Nikon yang dimodifikasi dan dijual secara bebas.

Agak sulit dipercaya dan merupakan sebuah kabar yang mengejutkan jika apa yang dikatakan oleh Nikon memang benar adanya. Nikon mengatakan bahwa ada beberapa oknum di luar sana yang memodifikasi kamera Nikon D800 menyerupai D800E, kamera D7000 dibuat agar terlihat seperti D610, dan kamera D4 dimodifikasi untuk terlihat seperti D4S.

fake_nikon

Tujuannya apa? Sudah barang tentu untuk memperoleh keuntungan yang berlipat dengan cara dijual seharga barang tiruannya. Sementara kamera yang dipalsukan sudah terbilang tua dan harganya jauh lebih murah.

Berikut adalah petikan peringatan yang dirilis oleh Nikon, “Tampaknya produk imitasi tersebut telah dimodifikasi dan beredar melalui lelang internet dan sejenisnya. Perlu diketahui bahwa garansi Nikon tidak berlaku untuk produk-produk imitasi yang diubah atau dimodifikasi secara curang, Nikon tidak akan memeriksa atau memperbaiki produk tersebut.”

Nikon juga menunjukkan cara untuk memeriksa keaslian kamera dengan cara membuka panel Overview di bagian layar. Di sana kamera akan menampilkan nomor model yang sesungguhnya, jadi jika Gadgeteers membeli Nikon D800E, panel tersebut akan menunjukkan model D800E.

Sayangnya cara ini sulit dilakukan apabila pembeli melakukan transaksi secara daring melalui eBay misalnya. Sehingga agar terhindari dari penipuan tersebut, pembeli dihimbau untuk teliti dan berhati-hati.

Via NikonRumors.com

Topik Hot Lainnya:   Daftar Harga Gadget Apple April 2013

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × two =